Kamis, 13 Agustus 2015

3 Rahasia di Balik Asal Usul Nyi Roro Kidul [Menurut ISLAM]


Asal usul Nyi Roro Kidul / Nyaris seluruh masyarakat Pulau Jawa, & bahkan penduduk Indonesia terhadap rata rata yakin seandainya Laut Kidul (Pantai Selatan) dari dahulu sampai waktu ini dikuasai oleh sesosok mahluk ghaib bergelar Kanjeng Ratu Kidul atau Nyi Roro Kidul. Kepercayaan atau mitos yg berkembang ini sudah lama ada di kalangan penduduk kita. Sosok wanita yg jadi pemimpin dari kerajaan ghaib itu serta telah identik bersama mitologi penduduk Indonesia. Tapi bagi orang yg berpikir, aspek ini pasti dapat memicu timbulnya satu buah pertanyaan. Ya, satu buah pertanyaan terkait macam mana sebetulnya asal usul nyi roro kidul ini sampai dirinya dapat jadi penguasa & ratu di jagat ghaib di Selatan Jawa? Apa yg menciptakan beliau demikian tersohor & tetap konsisten dikenal sampai sekarang? Penasaran seperti apa kisahnya? Simaklah Pemaparan kami berikut ini. 
Asal usul Nyi Roro Kidul
Simpang siurnya kabar yg ada juga minimnya bukti histori yg sedia menciptakan info sekitar asal usul nyi roro kidul sampai sekarang cuma jadi mitos yg tidak didapati seberasapa akbar nilai kebenarannya. Tidak Sedikit pernyataan di warga terkait siapa sebetulnya Nyi Roro Kidul itu sampai hasilnya dia sanggup jadi penguasa gaib di Laut Selatan Jawa. Tapi, butuh ketahuan bahwa kendati begitu kami sudah merangkum 3 opini yg kami rasa paling tidak sedikit dipercayai yang merupakan asal usul nyi Roro Kidul yg sebenarnya. Ya, ada 3. Berikut pembahasannya.

1. Asal Usul Nyi Roro Kidul merupakan Ratu Bilqis
Ya, opini mula-mula menyebutkan kalau Ratu Kidul sebetulnya yakni anak dari ratu Bilqis, anak dari ratu yg takluk terhadap Raja Sulaiman.
Diriwayatkan bahwa sesudah ratu bilqis menikah bersama satu orang jin laki-laki, dia seterusnya dikaruniai oleh seseorang putri. Putri ini tidak mempunyai raga lantaran beliau bukanlah manusia. Ia yaitu jin, sama seperti bapaknya. Nah, dikarenakan malu mempunyai anak satu orang jin, ratu bilqis seterusnya membuang anak yg olehnya dikasih nama Aurora ini ke satu buah pulau yg jauh dari kerajaannya. Pulau ini di selanjutnya hri bernama Al-Jawi atau Pulau Jawa.
Putri Aurora tumbuh & agung dgn dgn jin-jin lain yg ada di pulau itu. Darah biru yg mengalir di badan putri ini setelah itu membuatnya jadi seseorang pemimpin bagi kerajaan jin komune itu.
Seiring berjalannya kala, sebab terjadinya migrasi besar-besaran beberapa orang Yunan (China) ke Indonesia & menempati pulau Jawa (baca : Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia), putri aurora & para pengikutnya seterusnya terusik. Mereka pindah mengalah dikarenakan tidak akan terlampaui dekat dgn hiruk pikuk & keramaian manusia. Mereka pindah ke sebelah sebelah selatan Jawa. Sesuai di pesisir pantai laut Selatan.
Beratus-ratus thn putri Aurora & pengikutnya membangun kerajaan, hasilnya dirinya juga seterusnya mencapai musim kejayaan. Tidak Sedikit sekali kerajaan-kerajaan jin mungil di sekitaran jawa yg takluk & mengaku bergabung dgn kerajaan laut kidul.
Lambat laun, ketenaran kerajaan yg dipimpin putri aurora setelah itu berkembang & tersebar ke seluruhnya penjuru negara. Penduduk jawa disaat itu yg tidak terlampaui fasih menyatakan kata Aurora setelah itu mengubah nama sang putri jadi Roro. Putri Roro dipanggil Nyi Roro. Nah, sebab dia jadi penguasa jin di pantai selatan, sehingga nama Nyi Roro selanjutnya dikasih penambahan kidul (Kidul=Selatan), sehingga nama lengkapnya jadi Nyi Roro Kidul.

2. Asal Usul Nyi Roro Kidul yakni Dewi Nawangwulan

Pernyataan ke-2 menyatakan seandainya asal usul nyi roro kidul yaitu Dewi Nawang Wulan. Dewi sbg istri dari Jaka Tarub. Seandainya Kamu sempat mendengar kisah Jaka Tarub, pasti Kamu telah sedikit tidak sedikit tahu berkaitan nama Dewi Nawang Wulan. Ya, dewi yg selendangnya dicuri & tidak dapat kembali ke kerajaan langit ini diakui sbg asal usul nyi roro kidul. Dirinya dikutuk oleh kerajaan langit lantaran telah berani-beraninya menikah bersama manusia (Jaka Tarub) di mana elemen ini amat sangat haram hukumnya. Dia dikutuk jadi sebangsa jin & diperintahkan utk menjaga pulau jawa biar tak tenggelam dikarenakan keganasan Samudera Hindia.
Dalam mitologi Jawa, asal-usul nyi roro kidul dari version yg satu ini tak demikian tidak sedikit mempunyai bukti & terkesan dihubung-hubungkan. Beberapa Orang Jawa rata rata dapat lebih yakin kepada opini asal usul nyi roro kidul yg mula-mula.
3. Asal Usul Nyi Roro Kidul yakni Raja Jin (Menurut Agama Islam)
Menurut Agama Islam, asal usul nyi roro kidul bukanlah elemen istimewa yg butuh diperbincangkan. Berdasarkan keterangan Al-Qur’an & Al-Hadist, fenomena nyi roro kidul merupakan elemen yg lumrah berjalan didunia jin. Nyi Roro Kidul sendiri dianggap juga sebagai penjelmaan dari pimpinan kerajaan jin di pesisir laut Selatan Jawa, layaknya dijelaskan dalam hadist berikut ini :
Dari hadist tersebut, kita sanggup mernarik ringkasan bahwa asal usul nyi roro kidul & beragam kepercayaan lain kira kira perihal ini jangan sampai terlampaui diambil pusing. Jangan Sampai kita terjebak oleh beraneka wujud perangkap yg sengaja dibuat Syetan utk mengelabuhi manusia. Pass berserah diri terhadap Alloh SWT buat mencapai keselamatan dunia akhirat.
Demikianlah 3 opini mengenai asal usul nyi roro kidul. Mudah-mudahan sanggup jadi penambahan berita bagi Kamu. Salam.

Baca Juga

3 Rahasia di Balik Asal Usul Nyi Roro Kidul [Menurut ISLAM]
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan