Rabu, 17 Februari 2016

Buat Para #HIJABERS Dari Seorang Teman Kristiani di blognya tentang #hijab modis kalian.

 So, jangan malu - maluin agama Islam di depan non - muslim guys! Non - muslim aja paham. Ini nasehat indah dari sahabat kristiani kita buat para hijabers. Cekidot...!


~ jilbab Gone Wrong ~

Hari ini gue berangkat ke suatu mall bergengsi di wilayah Jakarta Pusat buat ketemuan sama temen kuliah gue. Jarang - jarang gue berangkat ke mall itu di akhir minggu seperti hari ini, karna anggapan gue: tentu rame. anggapan gue bener. Hari ini, mall itu penuh banget sama bule - bule. Gue ketemu sama temen kuliah gue, ngobrol sembari makan, terus gue pulang. Gue kembali melalui toko novel yang liftnya ngehubungin mall dengan salah satu gedung perkantoran dan juga gedung itu lebih deket ke terminal busway.

Pas gue lagi nunggu lift,
gue ngeliat terdapat wanita pake jilbab modifikasi yang bagi gue buat ia keliatan seperti pake
sarang lebah. Bayangin saja ia pake jilbab dua
rangkap, rangkap kesatu dibikin jadi seperti rambut, rangkap kedua modelnya agak
transparan gitu corak biru tua terus dililit - lilitin di kepalanya dengan aksen berantakan. Buat gue sih keliatannya jadi seperti sarang lebah.

Sepanjang ekspedisi pulang, gue terus mikirin
fenomena jilbab ini, sampe gue sempet ngetwit sebagian komentar gue. tetapi kayaknya kok tidak afdol ya kalo hanya disampein melalui Twitter, enaknya kalo nyerocos panjang lebar sekaligus di blog. Jadilah gue berupaya mengingat poin - poin apa yang ingin gue tulis di web malam
ini. mudah - mudahan dapat jadi refleksi buat kamu semua, pembaca web gue yang berhijab ataupun ingin pake hijab.

Nggak dipungkiri lagi, fashion jilbab saat ini lagi ngetren banget di Indonesia. Buat gue yang minoritas, rasa banget lho perbedaannya. sepanjang 4 tahun kuliah aja, entah berapa temen gue yang memutuskan buat pake hijab.

Kemanapun gue pergi, naik whatever gue, selalu
ada anak muda yang berhijab. Gue sih menyongsong pergantian ini bagaikan suatu yang bagus, karna amati dari segi positifnya sih
akhirnya banyak perempuan Muslim yang ingin menutup suatu yang diucap rambut/aurat di agama mereka. Diharapkan sehabis pake hijab, kelakuan perempuan Muslim pula lebih ke arah Muslim dan juga jadi contoh yang baik buat masyarakat.

Tapi meski sepositif - positifnya gue, tetep saja gue ngerasain banyak banget akibat negatif dengan fashion jilbab ini. Bukan negatif secara agama, tetapi negatif secara image. Gue ngerasa, jilbab yang baru - baru ini jadi mode, lambat - laun malah dikira bagaikan aksesori semata. Kesan kesucian agamanya lenyap karna kian banyak jilbab yang dimodel - modelin.

Ya mulai dari punuk unta lah (ini model jilbab yang amat gue sebel,emang lezat ya terdapat cepolan besar di atas kepala lo?), wujudnya seperti rambut lah, macem - macem deh, gue seorang diri pula tidak tau nama - nama modelnya apa karna ya emang tidak sempat pake hahahaha!

Mungkin modifikasi jilbab ini dicoba buat menarik perempuan Muslim buat berjilbab, dengan pemikiran jilbab dapat keliatan pembaharuan dan juga dapat menanggapi keresahan perempuan Muslim yang pengen berhijab tetapi cemas tidak dapat keliatan modis lagi. tetapi gue tidak sepakat tuh sama uraian seperti ini karna lambat - laun laju modifikasi jilbab terkesan kian tidak beraturan dan juga jadi tidak setimpal dengan norma - norma agama Islam yang ada. Ya wajib setimpal norma Islam dong, itu kan fitur agama.

Daripada jilbab dijadiin komoditas mode, sekaligus saja pake headscarf ato turban! bersama penutup kepala dan juga dapat dibikin modis kan?

Contohnya saja deh. semisal sebagian tahun lagi tidak hanya tren jilbab hendak terdapat tren pake kalung salib ataupun perihal yang berkaitan dengan salib seperti kaos gambar salib, gelang dengan bandul salib, dan juga lain sebagainya. Gue, bagaikan orang Kristen, tentu suka, karna gue ngerasa lambang agama gue diterima di warga luas. tetapi gue hendak jadi sebel kalo kian banyak orang yang menyalahgunakan konsumsi gambar salib, seperti semisal timbul motif salib terbalik (yang di agama gue merupakan simbol dari Antikristus), ataupun salib yang dimacem - macemin modelnya,
sehingga esensi kesucian dari salib itu hilang.

Lama - lama orang pake ornamen salib bukan
untuk terus menjadi mengimani agamanya, tetapi buat gaya - gayaan. Nah, ini yang gue rasakan terhadap laju fashion jilbab yang kian lama kian kilat ini.

Perempuan Muslim lambat - laun pake jilbab bukan bagaikan ciri patuh terhadap perintah agama, tetapi hanya karna jilbab lagi ngetren. Nanti kalo sesuatu dikala tren jilbab ilang, kemudian ingin diapain dong cewek - cewek Muslim yang pake jilbab hanya buat pernak - pernik doang?
Masa disuruh lepas hijabnya?

Maafkan gue, tetapi gue masih berpikir kalau lo
pake jilbab kalo lo terasa siap. Siap buat apa?

Siap buat berpakaian sederhana, siap untuk
nahan diri pamer tubuh lo ke masyarakat, siap buat melangsungkan hidup yang tidak seluruhnya duniawi. Bahasa gampangnya? Siap mengerem diri pake celana skinny jeans dan juga pakaian ketat. Siap menolak kalo ditawari ngerokok ataupun minum. Kalo di agama Katolik, gue menganalogikan wanita yang siap pake jilbab itu seperti wanita yang memutuskan buat jadi
biarawati.

Kesamaannya terletak di kewajiban buat melangsungkan hidup sederhana. tetapi perkaranya banyak wanita jaman saat ini yang pengen keliatan elegan sementara itu pake hijab.

Yeeee, lu wajib milih salah satu... karna pada dasarnya jilbab itu menutup rambut/aurat lu dan juga menutup seluruh kekayaan lu biar tidak dilihat dunia...
Padahal, kalo saja cewek - cewek itu ingin nyari tau lebih banyak, terdapat kok cara - cara pake jilbab yang simpel tetapi masih keliatan apik dan juga mewah.

Mewah itu tidak butuh jadi seperti toko perhiasan berjalan kok. Lo memiliki temen wanita yang bajunya simpel tetapi keliatan apik dan
mewah? Nah, tanyain triknya sama dia. Dengan pemilihan corak dan juga wujud pakaian yang pas buat tubuh kita (tanpa wajib ngeliatin lekuk tubuh), kita dapat keliatan rapi, simpel tetapi elegan dengan jilbab yang (kata ustad) syar'i.

Actually you can have the best of both worlds,
you just gotta work more to achieve it.

Udah ah, saat ini gue ingin menyerahkan
semuanya ke kalian. seleksi keputusan berhijab karna benar keputusan dari hati ataupun hanya pengen ikut - ikutan aja? Beneran siap tidak pake hijab? karna jilbab itu bukan sekadar tren.
Modifikasi jilbab benar lagi tren, tetapi esensi dari jilbab seorang diri merupakan bagaikan perlengkapan agama.

Suatu dikala nanti dapat jadi jilbab berulang ke wujud dasarnya. Jangan sampe buta dan juga tidak dapat ngebedain tren dengan fitur agama.

Pikir juga, apa yang hendak lo lakuin kalo tren modifikasi jilbab sirna dimakan waktu? hendak tetep pake jilbab ataupun malah lepas jilbab karna udah tidak tren lagi? 


Sumber:
http_9trendingnews_blogspot_com/2015/07/buat-para-hijabers-dari-seorang-teman.html

Baca Juga

Buat Para #HIJABERS Dari Seorang Teman Kristiani di blognya tentang #hijab modis kalian.
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan