Selasa, 23 Februari 2016

Ini Dia Biodata Iblis, Apakah Ada Salah Satunya Pada Anda? Ternyata...

 macam mitos makhluk halus. Siapa yang tidak tahu dengan kuntilanak, genderuwo ataupun pocong, hantu - hantu itu lampaunya jadi wujud menakutkan untuk warga kita bentuknyapun bermacam - macam setimpal dengan mitos wilayah yang tumbuh di masyarakat. Virus makhluk ghaib ini kian kokoh dengan hadirnya mereka di dalam film berjenis horor kesimpulannya setan dapat masuk ke dunia intermezo dan juga siapapun dapat suka dengan setan masa kini. karna setan dalam film belum tentu mengerikan kerap kali malah lucu dan juga bersahabat dengan kanak - kanak manusia.

Dalam ajaran Islam makhluk halus itu diucap jin. Secara kodrat jin dan juga manusia sangat berbeda. Allah benar menghasilkan berubah dari alam hidupnya sampai trik berkomunikasi. tetapi aneh benar bila terdapat sebagian manusia yang bergaul dengan jin dan juga memohon dorongan kepada jin. sementara itu jin tidak boleh kita peruntukan teman seperti teman di sekolah, di pengajian, ataupun teman di kantor. perbandingan alam antara manusia dan juga jin membikin kita manusia tidak dapat mengukur ketulusan dan juga keahlian jin. hingga teman serupa apa yang kita harapkan bila bentuk ketulusan dan juga kemampuannya tidak kita ketahui.

Inilah yang diucap Allah dengan orang - orang musyrik, kegiatan sebagian warga yang berkerjasama dengan jin terlebih lagi terdapat pula yang menyembah dan juga memohon perlindungannya sementara itu cukup cuma Allah yang layak kita sembah layak kita memohon perlindungan - Nya, cuma Allah tempat kita mengadu. Disebutkan dalam al - Qur’an kalau orang - orang musyrik:

“Menjadikan jin itu sekutu untuk Allah, sementara itu Allah yang menghasilkan jin - jin itu.” (QS: Al - An’am: 100)

Dari asal penciptaannya bangsa jin sebagaimana manusia mempunyai tanggung jawab yang sama buat menyembah Allah Azza wa Jalla.

“Dan saya tidak menghasilkan jin dan juga manusia melainkan biar mereka menyembah kepada - Ku.” (QS: Adz - Dzariat: 56)

Maka kenalilah jin hingga kita hendak mengerti derajatnya jauh di dasar manusia. terlebih lagi Iblis diperintahkan oleh Allah buat bersujud kepada Adam, kakek moyang manusia. suatu fakta kalau Iblis, setan, genderuwo, wewe gombel dan juga bala tentaranya itu memiliki derajat yang rendah dibandingkan manusia. Inilah biodata para makhluk ghaib yang terangkum dalam al - Qur’anul karim.

Iblis, Setan dan juga Jin

Allah ta’ala menghasilkan banyak makhluk tercantum makhluk halus yang hakikatnya banyak yang tidak kita ketahui.

“Tidaklah kalian diberi pengetahuan melainkan sedikit.” (QS: Al - Isra: 85)

Untuk mengenali makhluk ghaib salah satunya jalur data yang kita mampu cumalah lewat al - Qur’an dan juga Hadits Nabi. Dalam al - Qur’an paling tidak terdapat 5 kata yang menunjuk makhluk halus dari tipe jin, ialah kata jin, jaan, jinah, Iblis dan juga syaithan. semisal serupa dalam QS: al - Hijr: 27,

“Dan Kami menghasilkan Jaan saat sebelum (Adam) dari api yang amat panas.” (QS: Al - Hijr: 27)

Sebagian ulama berubah komentar atas apa yang diartikan Jaan. terdapat yang berkomentar kalau Jaan merupakan nenek moyang jin. Adapula ulama yang melaporkan Jaan merupakan Iblis yang menggoda Adam. bagi ahli bahasa Arab al - Jauhari Jaan menunjuk pada sekelompok bangsa jin, sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Ta’ala:

“Pada waktu itu (Hari Kiamat) ins (manusia) dan juga jaan tidak ditanya tentang dosanya (karena mereka tiap - tiap telah menyadarinya).” (QS: Ar - Rahman: 39)

Iblis tercantum dari bangsa jin yang membangkang perintah Allah buat bersujud kepada Adam as, karna kesombongannya dia berkata:

“Aku lebih baik darinya (Adam) Engkau mengadakan saya dari api, sebaliknya Engkau menciptakannya dari tanah.” (QS: al - A’raf: 12)

Namun tidak seluruh bangsa jin jadi pengikut iblis, antara lain mereka terdapat yang beriman dan juga mereka bukan tercantum jin yang jahat. serupa perkataan bangsa jin yang diabadikan dalam al - Qur’an:

“Sesungguhnya diantara kami terdapat yang saleh, dan juga diantara kami terdapat (pula) yang tidak demikian halnya. merupakan kami menempuh jalur yang berbeda - beda.” (QS: Al - Jin: 13)

Bangsa jin yang jahat inilah yang pula diucap syaithan. Mereka merupakan generasi Iblis yang berupaya menggoda manusia buat berbuat maksiat dan juga puncak besar yang dicoba manusia merupakan menyekutukan Allah. Allah telah menegaskan dalam firman - Nya:

“Patutkah kalian mengambil ia dan juga turunan - turunannya bagaikan pemimpin tidak hanya dari - Ku, sebaliknya mereka merupakan musuhmu? sangat buruklah iblis itu bagaikan pengganti (Allah) untuk orang - orang yang zalim.” (QS: Al - Kahfi:50)

Setan menggambarkan watak yang disematkan dalam makhluk yang sifatnya membangkang, mengganggu dan juga jauh dari rahmat Allah. watak ini tidak cuma dipunyai oleh anak generasi Iblis namun pula dipunyai oleh manusia. serupa yang dipaparkan dalam tulisan An - Naas ayat 6:

“(setan yang membisikan itu) dari kalangan jin dan juga manusia.” (QS: an - Naas: 6)

Siapapun kita, bila jauh dari kebenaran dan juga senantiasa mengajak oranglain berbuat jahat hingga layak diucap setan. Inilah musuh dari para nabi sejauh sejarah. Bangsa jin mempunyai kesamaan dengan manusia mereka dianugerahi Allah ide dan juga nafsu. sekalian di bebankan kewajiban syariat buat beribadah melangsungkan perintah dan juga menghindari larangannya. tetapi bangsa jin mempunyai watak yang tersembunyi dan juga tidak nampak oleh manusia. sebaliknya mereka dapat memandang manusia.

“Sesungguhnya dia (Iblis) dan juga pengikut - pengikutnya memandang kalian di sesuatu kondisi yang kalian tidak dapat memandang mereka.” (QS: al - A’raf: 27)

Lalu buat apakah Allah menghasilkan iblis dan juga setan untuk manusia. Ibnu Qayyim ra dalam syifa angkatan laut (AL) dzaldzoli mengatakan: hikmah yang mampu ditarik dari penciptaan iblis dan juga setan tidak mampu dijabarkan seluruhnya kecuali Allah Ta’ala yang Maha Mengetahui. Sebagian hikmahnya, dengan terdapatnya iblis dan juga setan, manusia meminta proteksi Allah buat menolak keburukan dan juga menarik kemashlahatan. Iblis dan juga setan menggambarkan tes dan juga cobaan untuk orang yang beriman. sedangkan kejadian pembangkangan iblis kepada Allah dapat diperuntukan bagaikan peringatan bahaya hendak gempuran kalangan iblis kepada manusia.

Iblis yang bergelar setan menggambarkan panglima paling tinggi dalam kekufuran dan juga kesyirikan. Iblis memliki watak dasar angkuh hobinya menyesatkan dan juga menjerumuskan manusia. Cita - cita utamanya merupakan seluruh manusia masuk neraka. dia mengemban misi semenjak kelahiran Adam as, sampai akhir kiamat. karna Allah berikan tangguh kematian kepada Iblis. tidak terdapat penjelasan dari al - Qur’an ataupun hadits dimanakah markas iblis berada. sebaliknya generasi iblis dari bangsa jin ini, hidup bermasyarakat sebagaimana seperti manusia. Mereka pula terdiri dari tipe pria dan juga wanita setelah itu melahirkan banyak keturunan. Sebagian ulama berkomentar kalau bagsa jin dapat berhubungan tubuh dengan manusia terlebih lagi melahirkan anak dari ikatan itu. komentar ini merujuk uraian firman Allah:

“...dan, berserikatlah dengan mereka pada harta dan juga kanak - kanak dan berjanjilah mereka. Tidak terdapat yang dijanjikan oleh setan kepada mereka melainkan tipuan belaka.” (QS: al - Isra’: 64)

Dipertegas lagi dengan doa yang dianjurkan oleh Rasulullah saw saat sebelum berhubungan suami - istri:

“Allahumma Jannibnasy - syaithon wa jannibisy - syaithon ‘amma rozaqtana. (Ya Allah jauhkan kami dari setan, dan juga jauhkan pula setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami)”

Namun, sebagian ulama mengerti ayat dan juga doa itu tidak secara tekstual melainkan metafora. Yang diartikan berserikat dengan setan merupakan harta haram dan juga harta yang tidak dibenarkan dalam jalur Allah. sebaliknya yang diartikan dengan berserikat dengan kanak - kanak merupakan kanak - kanak hasil perzinahan. Begitu pula dengan doa suami istri lebih bertujuan menghasilkan atmosfer spritual dan juga keakraban dengan Allah karna pendamping suami istri yang senantiasa berdzikir kepada Allah hendak pengaruhi pertumbuhan jiwa anak. Wallahu a’lam bishowab.

Bangsa jin pula mempunyai syahwat sebagaimana manusia. tidak mengherankan bila banyak yang dirasuki jin karna disukainya. peristiwa ini kerap ditemui dalam pengobatan ruqyah yang merasuki seorang mengaku jatuh cinta padanya. Banyak orang yang kerap terhalang ataupun enggan buat menikah, nyatanya diganggu oleh jin. Begitu pula orang yang mempunyai seks yang menyimpang semisal menggemari sesama tipe menggambarkan salah satu wujud kendala jin suka ataupun tidak suka seperti itu langkah jin. terlebih lagi jin mampu masuk ke dalam logika otak manusia dan juga merasuki dalam frekuensi mimpi. Jin sanggup menjelma jadi seseorang wanita menawan ataupun lelaki tampan yang timbul kembali dalam mimpi karna seperti itu orang yang sangat kerap mimpi basah menggambarkan salah satu kendala jin.

Rasulullah telah mengarahkan kepada kita buat senantiasa berdoa buat merambah kamar mandi.

“Allahumma inni A’udzubika Minal Khubutsi Wal Khobaa’Isy. (Ya Allah saya berlindung kepada - Mu dari kendala jin lelaki dan juga jin perempuan)”

Dengan doa inilah insya Allah menutup pemikiran jin buat memandang rambut/aurat kita dikala mandi karna setan hendak tertarik dengan sikap yang menyimpang seksual. kemudian bagaimanakah sebetulnya wujud jin?

Jin suka tinggal ditempat - tempat yang tidak ditempati manusia, seperti; padang pasir, hutan dan juga lautan. Jin pula suka tinggal di tempat - tempat yang telah ditinggalkan oleh manusia. serupa rumah kosong dan juga bangunan yang tidak ditempati oleh manusia. terdapat pula jin yang dihuni oleh manusia jin yang beriman hendak bahagia tinggal berbarengan orang yang beriman. kebalikannya jin yang kafir dan juga durhaka pula bahagia tinggal ditempat yang sama dengan perangainya. arca dan juga lukisan makhluk hidup pula biasa dihuni jin.

Bangsa jin gemar menempati pasar - pasar, tempat perbelanjaan, dan juga tempat intermezo buat menggoda manusia supaya lalai dari batas halal dan juga haram. terdapat pula mereka yang tinggal di tempat - tempat pembuangan sampah karna salah satu santapan jin merupakan tulang - belulang sisa santapan manusia. Sebagian mereka pula terdapat yang menempati wc dan juga tempat kotoran lainnya.

Banyak hadits yang melaporkan jin berkeliaran dikala menjelang matahari terbenam dan juga pada waktu gelap. Rasulullah bersabda:

“Pada dini malam ataupun dikala kamu memasuki, lindungilah kanak - kanak kamu karna setan berkeliaran pada dikala itu. Apabila dini malam telah lalu biarkanmereka dan juga tutuplah pintu, dan sebutlah nama Allah karna setan tidak sanggup membuka pintu yang tertutup (Jika diucap nama Allah kala menutupnya).” (HR. Bukhori Muslim)

Bangsa jin makan dan juga minum, tetapi tidak terdapat penjelasan dari al - Qur’an ataupun hadits yang menarangkan trik mereka makan.

Dalam suatu hadits riwayat Muslim, Rasulullah menarangkan kepada kita buat makan dan juga minum dengan tangan kanan kita dan juga tidak memakai tangan kiri sebagaimana setan. sesuatu kala Rasulullah memandang seorang makan tanpa mengucapkan bismillah. tetapi pada suapan terakhir dia membaca “Bismillah wa awaluhu wa akhiruhu” hingga Rasulullah tertawa dan juga bersabda:

“Setan inginnya makan berbarengan dia, kala ia membaca bismillah, setan memuntahkan apa yang telah masuk ke perutnya.” (HR. Ahmad, Abu Daud, dan juga An - Nasa’i)

Logikanya bila setan makan dan juga minum mereka juga buang air besar dan juga buang air kecil. nyatanya dalam suatu hadits disebutkan orang yang tidur pada dikala matahari terbit dan juga dia belum sholat subuh, setan telah berkemih ditelinganya. Para ulama telah berubah komentar mengerti hadits ini, apakah bermakna hakiki ataupun metafora. Wallahu a’lam.

Jin dan juga manusia berposisi dalam alam yang berubah meski mendiami bumi yang sama. Bangsa jin diberi keahlian yang tidak dipunyai manusia. Antara lain; jin mampu memandang manusia sebaliknya manusia tidak sanggup memandang jin dalam bentuk aslinya. karna itu orang yang memandang wujud asli jin diyakinkan orang itu berbohong ataupun bisa jadi orang itu sudah bersekutu dengan jin, sampai apa yang dilihatnya sebetulnya penglihatan jin dalam badannya kecuali bila jin itu sudah berbeda wujud kedalam bentuk lain. semisal dalam manusia ataupun binatang. pergantian wujud ini bukanlah gampang untuk bangsa jin karna mereka wajib melaksanakan ritual ataupun membaca mantra - mantra tertentu yang dianjurkan oleh tukang sihir dari golongan bangsa jin.

Dalam hadits lain Rasulullah saw pula sempat menggambarkan peristiwa dikala dia sholat dan juga diganggu oleh jin. “Sesungguhnya setan merintangiku dan juga berbuat kesat kepadaku buat mengganggu shalatku, tetapi saya dikasih kekokohan oleh Allah buat mengalahkannya sampai saya juga mencekiknya. begitu timbul dalam diriku kemauan buat mengikatnya pada salah satu tiang di masjid sampai pagi hari supaya kalian mampu menyaksikannya. Namun, seketika saya teringat perkataan saudaraku, Sulaiman. ‘Ya Tuhanku ampunilah saya dan juga berilah saya kerajaan yang tidak layak buat seseorang juga sesudahku.’ hingga saya juga mengusirnya dalam kehinaan.” (HR. Bukhari dan juga Muslim)

Bangsa jin yang mempunyai keahlian buat berbeda wujud dan juga melaksanakan penampakan terhadap manusia baik berwujud manusia maupun binatang, hingga mereka hendak terikat dengan hukum di alam manusia. Mereka dapat disentuh, dipukul, ataupun dibunuh sebagaimana diceritakan dalam bermacam riwayat. Dalam hadits nabi kita pula mendapatkan data kalau terdapat fauna yang mampu memandang jin terlebih lagi malaikat.

“Jika kamu mendengar gonggongan anjing ataupun suara keledai, mohonlah proteksi Allah karna memandang apa yang kamu tidak lihat.” (HR. Abu Daud)

Dalam hadits lain pula dipaparkan kalau suara ayam berkokok ciri ayam itu memandang malaikat.

Hamba - hamba setan

Kebanyakan manusia cemas kepada jin sementara itu hakikatnya mereka lebih cemas kepada manusia. Setan membisiki manusia supaya cemas kepada jin setelah itu mencari proteksi kepadanya. karna seperti itu mereka begitu tersanjung kala ditakuti manusia. Begitu banyak diantara kita yang menekuni ilmu kanuragan buat mencari kesaktian dari bangsa jin terlebih lagi terdapat yang meminta kepada bangsa jin buat mengabulkan seluruh keinginannya. semisal buat mencapai kesuksesan dalam perihal karir, jabatan, harta, terlebih lagi jodoh. Manusia menghamba kepada bangsa jin bisa jadi keahlian ghaib yang mereka miliki. Bangsa jin sanggup berbeda wujud dan juga berpindah dari sesuatu tempat ke tempat lain dengan kilat dan juga terlebih lagi sanggup menjelajahi ruang angkasa. Mereka dengan gampang mencermati pembicaraan para malaikat dan juga mengenali kejadian yang hendak terjalin di bumi dan juga menyampaikannya kepada tukang ramal.

Namun semenjak diutusnya Nabi Muhammad keahlian bangsa jin amat dibatasi. Mereka cuma mencuri berita sepotong - potong setelah itu menambahnya dengan bermacam kedustaan. karna Allah telah menjaganya serupa dipaparkan dalam al - Qur’an:

“Sesungguhnya kami dulu mampu menduduki sebagian tempat di langit buat mencermati (berita - beritanya). Tetapi,sekarang barangsiapa yang (mencoba) mendegar - dengarkan (seperti itu tentu hendak menjumpai panah api yang mengintai (untuk membakarnya).” (QS: al - Jinn: 9)

Sifat jin merupakan mengelabui manusia dengan sihir serupa watak para penyihir - penyihir Fir’aun yang merubah tali - tali jadi ular. Tipuan sihir pula kerap kita kerap temukan semisal benda - benda tajam berposisi dalam badan korban santet. ataupun penyakit yang berposisi dalam badan manusia yang dipindahkan ke dalam badan binatang. Jin pula kerap mengelabui manusia dengan kesaktian palsu. Manusia seolah - olah sanggup memukul dan juga merobohkan lawannya dari jarak jauh ataupun tidak mempan dilukai oleh senjata tajam sementara itu seluruhnya hasil tipuan makhluk halus.

Banyak diantara kita yang yakin dengan omongan para dukun yang mampu bisikan dari bangsa jin seolah - olah mereka mampu mengenali masalah - masalah masalah masa depan. sementara itu dalam Al - Qur’an dijelaskan: “Dan sesungguhnya, kami tidak mengetahui, apakah keburukan yang dikehendaki di untuk orang yang terdapat dibumi ataukah Tuhan menghendaki kebaikan untuk mereka.” (QS: Al - Jinn: 10)

Allah Ta’ala menganugerahkan kepada bangsa jin dengan bermacam keahlian yang tidak dipunyai oleh manusia. Namun, tidak berarti bangsa jin lebih mulia dari pada manusia. Allah pula sesungguhnya pula menganugerahkan kepada manusia bermacam kelebihan dan juga bila digunakan dengan baik manusia lebih unggul daripada jin. Allah Ta’ala berfirman: “Dan sebetulnya telah Kami muliakan kanak - kanak Adam, kami angkut mereka di daratan dan juga di lautan, kami beri mereka rejeki dari yang baik - baik, dan juga Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas mayoritas makhluk yang telah kami ciptakan.” (QS: al - Israa: 70)

Setan pula kerap pengaruhi benak manusia sebagaimana diingatkan oleh Rasulullah dalam sabdanya. “Setan menghadiri seorang diantara kamu dan juga bertanya: ‘Siapakah yang mencipta itu? Siapakah yang mencipta ini?’ sampai - sampai dia bertanya: ‘Siapakah yang mencipta tuhan kamu?’ hingga bila dia bertanya soal itu, mintalah proteksi dari Allah dan juga akhirilah (untuk melanjutkan benak benak itu).” (HR. Bukhari).

Baca Juga

Ini Dia Biodata Iblis, Apakah Ada Salah Satunya Pada Anda? Ternyata...
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan