Senin, 22 Februari 2016

Masya Allah! Inilah Alasan Kenapa Kita Dianjurkan Berdzikir Dengan Ruas Jari Tangan

Dzikir menggambarkan salah satu ibadah utama dalam ajaran Islam. Umumnya, umat muslim berdzikir dengan memakai ruas jari tangan.

Hal ini setimpal dengan anjuran Rasulullah SAW. Disebutkan dalam hadits Abu Dawud dan At - Tirmidzi, Rasulullah SAW sempat memberitahukan pada seseorang teman yang ikut pindah ke Madinah biar menghitung dzikir dengan memakai ruas jari tangan.

Lalu apa sebab di balik anjuran Rasul ini?

Anna an - nabiyya amara hunna an - yura’iina bi at - takbiiri wa at - taqdiisi wa at - tahliili, wa an - ya’qidna bil anaamili, fa innahunna mas - uulaatun mustanthiqaatun.

" Nabi memerintahkan kalangan perempuan biar senantiasa menyesuikan amalan dengan membaca takbir, taqdis, dan tahlil. seluruh itu biar dihitung dengan ruas jari - jari tangannya. karna di hari kiamat kelak, ruas - ruas jari tangan itu hendak dimintai penjelasan dan dituntut buat berbicara. "

Hadits itu diperkuat pula oleh riwayat yang lain dari At - Tarmidzi, Abu Dawud, An - Nasa'i. secara sahih dari Abdullah bin Umar.

Abdullah bin Umar berkata, " aku telah amati Rasulullah SAW menghitung - hitung teks tasbihnya. (Rasulullah menghitung teks dzikir) dengan jari tangan kanannya ".

Jadi, dzikir memakai ruas jari tangan diajarkan lantaran nanti jari - jemari seperti itu yang hendak bersaksi di hadapan Allah SWT waktu hari kiamat.

Baca Juga

Masya Allah! Inilah Alasan Kenapa Kita Dianjurkan Berdzikir Dengan Ruas Jari Tangan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan