Jumat, 19 Februari 2016

Menikah Menyempurnakan Setengah Agama, Yuk Nikah!

 terdapat yang bertanya,”Ada hadis yang menyatakan, menikah itu menyempurnakan separuh agama. Apa itu benar? kemudian apa maksudnya?”

Pertanyaan itu dijawaboleh Ustadz Ammi Nur Baits:

Bismillah was shalatu was salamu ala Rasulillah, wa badu. Hadisnya dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

–Siapa yang diberi karunia oleh Allah seseorang istri yang solihah, berarti Allah telah menolongnya untukmenyempurnakan separuh agamanya. karna itu, bertaqwalah kepada Allah separuh sisanya. (HR. Baihaqi 1916).

Dalam riwayat lain, pula dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

— kala seseorang hamba menikah, berarti ia telah menyempurnakan separuh agamanya. hingga bertaqwalah kepada Allah pada separuh sisanya.

Status Hadis:Ulama berubah komentar dalam menghitung keabsahan hadis ini. Banyak yang menghitung hadis ini bagaikan hadis yang dhaif. antara lain al - Haitsami, Ibnul Jauzi dan juga al - Iraqi. sedangkan itu, terdapat pula ulama yang menilainya hasan li ghairihi, serupa yang disebutkan dalam Shahih Targhib wa Tarhib (2/192).

Makna Hadis

Syahwat manusia dikendalikan 2 hal: perutnya dan juga kemaluannya.Dalam hadis dari Kaab bin Malik radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam menarangkan pengaruh rakus manusia karna penuhi kebutuhan perutnya,

— 2 serigala lapar yang dilepas di kandang kambing, bukanlah lebih mengganggu dibanding ketamakan seorang terhadap dunia dan juga jabatan, yang dapat mengganggu agamanya. (Ahmad 16198, Turmudzi 2550, Ibn Hibban 3228 dan juga dishahihkan Syuaib al - Arnauth).

Sementara syahwat biologis mendesak manusia buat berbuat zina. karna itu, orang yang sudah penuhi kebutuhan biologisnya dengan menikah, berarti ia menyempurnakan separuh agamanya.

Al - Ghazali dalam Ihya Ulumiddin mengatakan,

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengatakan, “Siapa yang menikah, berarti telah melindungi separuh agamanya. karna itu bertaqwalah kepada Allah buat separuh agamanya yang kedua.” Ini menggambarkan isyarat tentang keutamaan nikah, ialah dalam rangka mlindungi diri dari penyimpangan, supaya terhinndar dari kerusakan. karna yang mengganggu agama manusia lazimnya merupakan kemaluannya dan juga perutnya. Dengan menikah, hingga salah satu telah terpenuhi. (Ihya Ulumiddin, 2/22)

Demikian pula uraian yang di informasikan Al - Qurthubi.Beliau mengatakan,

“Siapa yang menikah berarti telah menyempurnakan separuh agamanya. karna itu bertaqwalah kepada Allah buat separuh yang kedua.” arti hadis ini kalau nikah hendak melindungi orang dari zina. sedangkan melindungi kehormatan dari zina tercantum salah satu yang menemukan jaminan dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dengan surga. dia mengatakan, Siapa yang dilindungi Allah dari 2 bahaya, hingga Allah hendak memasukkannya ke dalam surga, ialah dilindungi dari akibat kurang baik mulutnya dan juga kemaluannnya. (Tafsir al - Qurthubi, 9/327). Demikian,Allahu alam. 


Sumber:
http_www_akhwatindonesia_net/2015/12/menikah-menyempurnakan-setengah-agama-yuk-menikah/

Baca Juga

Menikah Menyempurnakan Setengah Agama, Yuk Nikah!
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan