Rabu, 24 Februari 2016

Resmi Dimulai! Hitung Mundur Gerhana Matahari Total 2016 Yang Terjadi 350 Tahun Sekali

 GMT (Gerhana Matahari keseluruhan) di Indonesia pada Maret mendatang menggambarkan kejadian sangat jarang dan juga baru hendak terulang berulang sehabis 350 tahun.


Menyambut kejadian sangat jarang astronomi yang tidak sering terjalin di dunia, Indonesia formal meluncurkan `hitung mundur` mulai dari 55 hari mengarah Gerhana Matahari Total. ilham ini timbul dari Lembaga Penerbangan dan juga Antariksa Nasional (LAPAN) berbarengan departemen Pariwisata (Kemenpar).

Menurut rencana, Indonesia hendak hadapi fenomena alam amat langka, Gerhana Matahari keseluruhan (GMT) pada 9 Maret 2016.

GMT pada dini Maret itu menggambarkan kejadian sangat jarang karna Indonesia baru hendak mengulangi berulang peristiwa yang sama sehabis 350 tahun.

Hitung mundur ini menggambarkan upaya sosialisasi 3 aspek berarti dari GMT 2016 yang mampu dimanfaatkan, ialah aspek ilmiah penelitian, bimbingan publik dan juga aspek budaya. Aspek - aspek tersebut hendak berakibat pada pariwisata daerah.

Tidak cuma pemerintah, bermacam pihak serupa komunitas dan juga lembaga ikut aktif pula dalam kampanye tersebut.

Mereka bekerja sama dengan pemerintah buat membagikan bimbingan kepada warga di wilayah dengan mengenalkan astronomi, membagikan bimbingan tentang pengamatan gerhana dan mengadakan workshop pembuatan alat - alat simpel buat mengamati gerhana.

Seperti dikenal kalau terbentuknya GMT di bermacam kota di Tanah Air menjadikan Indonesia bagaikan tujuan utama para wisatawan, pemburu gerhana, astronom, juru foto terlebih lagi ilmuwan dari bermacam negara. Mereka sudah merancang buat mendatangi Indonesia jauh hari sebelumnya.

GMT seorang diri diprediksi hendak terjalin di 10 provinsi Indonesia. jalan GMT bermula dari Palembang (Sumatera Selatan), Bangka Belitung, Sampit (Kalimantan Tengah), Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate dan juga Halmahera (Maluku Utara).

Selain itu, beberapa wilayah lain di Indonesia pula dapat melihat Gerhana Matahari Sebagian, antara lain kota Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado dan juga Ambon.

Sumber:
http_www_lapan_go_id/index.php/subblog/read/2016/2294/Hitung-Mundur-Dimulai-55-Hari-Menuju-Gerhana-Matahari-Total-2016/2277

Baca Juga

Resmi Dimulai! Hitung Mundur Gerhana Matahari Total 2016 Yang Terjadi 350 Tahun Sekali
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan