Rabu, 30 Maret 2016

Jika ada yang bertanya, Jika Diharamkan, Untuk Apa Babi Diciptakan Berikut Jawabannya...

 Salah satu persoalan “kritis” yang diajukan oleh misionaris merupakan “Mengapa babi diciptakan bila dia haram? buat apa diciptakan bila tidak terdapat kemanfaatan?”

Seperti dibahas dalam informasi sebelumnya, angkatan laut (AL) Quran dengan tegas melaporkan haramnya daging babi. Bahkan, pengharaman babi disebutkan 4 kali. ialah di tulisan angkatan laut (AL) Baqarah ayat 173, tulisan angkatan laut (AL) Maidah ayat 3, tulisan angkatan laut (AL) An’am ayat 145 dan juga tulisan An Nahl ayat 115.

Belakangan, ditemui 10 dalil ilmiah yang menarangkan hikmah diharamkannya babi. (Baca: 10 dalil Ilmiah mengapa Babi Haram dalam Islam)

Misionaris yang bertanya serupa itu, juga dengan pengikut - pengikutnya yang komsumsi babi, sepatutnya pula ketahui kalau babi pula haram dalam Injil. dokter Zakir Naik menjelaskan, larangan makan babi tercantum dalam kitab Imamat 11:7 - 8, kitab Ulangan 14:8 dan juga kitab Yesaya 65:2 - 5.

Jadi bila diharamkan buat apa babi diciptakan? Di antara hikmah penciptaan babi adalah:

1. buat menguji manusia

Babi yang diharamkan sesungguhnya menggambarkan tes buat manusia seberapa dia patuh kepada si Pencipta. Manusia yang memakannya, hingga dia tidak lulus dalam tes itu. Manusia yang berpegang teguh pada larangan Allah dengan tidak memakannya, hingga dia lulus dalam tes itu.

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا

“Dialah (Allah) yang menghasilkan mati dan juga hidup buat menguji kamu siapakah di antara kamu yang amat baik amalnya.” (QS. angkatan laut (AL) Mulk: 2)

2. fasilitas meneguhkan manusia bagaikan khalifatullah






Manusia merupakan khalifatullah fil ardh yang bertugas memakmurkan bumi. Banyak hewan yang dikira tidak mempunyai khasiat nyatanya membikin manusia jadi kreatif dan juga berdaya. tercantum babi. Dengan terdapatnya babi, manusia dapat mengenali tentang bermacam (bibit) penyakit yang dibawa fauna itu dan juga tertantang buat mempelajari obatnya.

Seperti diketahui, babi memiliki cacing pita terlebih lagi menggambarkan carier virus flu babi (swine influenza).

3. bagaikan pelajaran supaya tidak jadi sepertinya

Babi diketahui bagaikan fauna yang malas, jorok dan juga rakus. Begitu joroknya babi, dia hingga memakan kotorannya sendiri. Bahkan, santapan yang hendak dia makan kadang - kadang dikencingi dahulu saat sebelum dilahap.

Rakusnya babi dapat dilihat dari santapan whatever yang terdapat di depannya hendak dilahap. Sampah dan juga kotoran juga dilahap. terlebih lagi demi memuaskan kerakusannya, santapan yang telah penuhi perutnya dimuntahkan setelah itu dimakannya kembali.

Adanya babi selayaknya menegaskan manusia supaya tidak malas, tidak jorok dan juga tidak rakus.

Allah Subhanahu wa Ta’ala memakai babi bagaikan perlambang keburukan. Bahkan, terdapat kalangan terdahulu yang dikutuk jadi babi karna perbuatan buruknya.

قُلْ هَلْ أُنَبِّئُكُمْ بِشَرٍّ مِنْ ذَلِكَ مَثُوبَةً عِنْدَ اللَّهِ مَنْ لَعَنَهُ اللَّهُ وَغَضِبَ عَلَيْهِ وَجَعَلَ مِنْهُمُ الْقِرَدَةَ وَالْخَنَازِيرَ وَعَبَدَ الطَّاغُوتَ أُولَئِكَ شَرٌّ مَكَانًا وَأَضَلُّ عَنْ سَوَاءِ السَّبِيلِ

Katakanlah (Muhammad), "Apakah saya hendak beritakan kepadamu tentang orang yang lebih kurang baik pembalasannya dari (orang fasik) di sisi Allah? Yaitu, orang yang dilaknat dan juga dimurkai Allah, di antara mereka (ada) yang diperuntukan kera dan juga babi dan juga (orang yang) menyembah thaghut." Mereka itu lebih kurang baik tempatnya dan juga lebih tersesat dari jalur yang lurus. (QS. angkatan laut (AL) Maidah: 60)

Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Tarbiyah.net]

Baca Juga

Jika ada yang bertanya, Jika Diharamkan, Untuk Apa Babi Diciptakan Berikut Jawabannya...
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan