Sabtu, 19 Maret 2016

Sejarah Asal Usul Batu Hajar Aswad | Umat Muslim Harus Tahu

 Sejarah Asal Usul Batu Hajar Aswad bermula kala nabi Ibrahim (Abraham) dan juga anaknya lagi membangun Ka’bah, dimana pada masa itu banyak sekali komponen - komponen yang tidak terpenuhi. Ka’bah waktu itu belum mempunyai atap ataupun pintu, jadi Ibrahim dan juga Ismail berupaya keras buat bawa bebatuan dari sebagian gunung yang terdapat buat menuntaskan konstruksi bangunan tersebut.

Hajar Aswad seorang diri jadi suatu perihal berarti kala umat Islam lagi melaksanakan perjalan Haji, dimana tawaf diawali dan juga diakhiri dikala para umat yang lagi berhaji memandang batu ini. sepanjang bertahun - tahun, tidak terhitung lagi jumlah orang tercantum nabi Muhammad, para sahabat, dan juga jutaan umat Muslim yang mencium batu ini kala mereka lagi melaksanakan ekspedisi Haji.


Menguak Sejarah Hajar Aswad dan juga Hubungannya dengan Ka’bah
Asal Usul batu Hajar Aswad tidak dapat lepas dari sejarah Ka’bah itu sendiri. Pembangunan Ka’bah, bagi al - Qur’an pada tulisan al - Baqarah ayat 127 dicoba oleh Ibrahim dan juga anaknya, Ismail. dikisahkan kalau Allah telah menampilkan pada Ibrahim dimana mereka wajib melaksanakan pembangunan, ialah tempat yang sangat dekat dengan sumur Zamzam, kesimpulannya Ibrahim dan juga Ismail mulai mengerjakan konstruksi Ka’bah hampir pada tahun 2130 saat sebelum masehi. kala pembangunan ini tengah berlangsung, Ibrahim menyadari kalau sangat banyak komponen - komponen Ka’bah yang tidak sanggup terbuat karna minimnya bahan, sampai - sampai kesimpulannya dia dan juga Ismail berangkat menyusuri sebagian gunung buat bawa bebatuan dengan tujuan menuntaskan konstruksi Ka’bah tersebut.

Bahkan sehabis segala penggalan Ka’bah tuntas dibangun, Ibrahim masih terasa kalau terdapat satu penggalan berarti yang hilang. terdapat salah satu sumber yang berkata kalau Ibrahim memerintahkan Ismail buat mencarikan satu batu lagi yang mampu berikan “sinyal” kepada umat manusia. Mendengar perihal ini, Ismail berangkat dari satu bukit ke bukit yang lain cuma demi mencari batu yang dapat jadi suar dan juga berikan ciri kepada segala umat manusia, dan juga pada dikala inilah, malaikat Jibril diutus Allah buat mengantarkan suatu batu yang konon katanya lampaunya bercorak putih dan juga memberikannya kepada Ismail. mengalami batu putih yang indah tersebut, Ismail kembali dan juga alangkah bahagianya Ibrahim memandang batu yang dia bawa. Ismail setelah itu menanggapi persoalan Ibrahim tentang posisi batu ini dengan jawaban “aku menerima ini dari seorang yang tidak hendak membebani anak cucuku ataupun anak cucumu (Jibril)” setelah itu Ibrahim mencium batu tersebut, dan juga gerakan tersebut setelah itu diiringi oleh Ismail.

Sejarah Asal Usul batu Hajar Aswad berulang sinambung sehabis batu diletakkan oleh Ibrahim di sudut timur Ka’bah. pas sehabis melaksanakan perihal itu, Ibrahim menemukan wahyu dimana Allah memerintahkannya buat berangkat dan juga memproklamirkan kalau umat manusia wajib melaksanakan ziarah supaya Arabia dapat dikunjungi oleh orang - orang dari tempat yang jauh. sebagian periset yakin kalau Ka’bah benar dibentuk pada tahun 2130 saat sebelum masehi. Penanggalan ini dinilai tidak berubah - ubah dengan keyakinan umat Muslim kalau Ka’bah menggambarkan masjid kesatu dan juga tertua dalam sejarah. bagi literatur kalangan Samaritan, dalam novel yang bertajuk Secrets of Moses tertulis kalau Ismail dan juga anak tertuanya, Nebaioth merupakan orang yang membangun Ka’bah dan juga pula kota Mekah. novel ini dipercaya telah ditulis pada abad ke - 10, sedangkan terdapat komentar lain yang menyangka novel ini ditulis pada paruh kedua abad ke - 3 saat sebelum masehi.

Hajar Aswad seorang diri sesungguhnya sudah jadi suatu yang dihormati terlebih lagi saat sebelum dakwah tentang Islam oleh Muhammad. kala masa Muhammad tiba, batu ini pula sudah diasosiasikan dengan Ka’bah. Karen Armstrong dalam bukunya yang bertajuk Islam: A Short History, menuliskan kalau Ka’bah didedikasikan kepada Hubal, salah satu dewa dalam keyakinan Nabatea, dan juga di dalamnya terdapat 365 berhala yang tiap - tiapnya merepresentasikan satu hari dalam satu tahun. bagi Ibnu Ishaq yang menggambarkan biografer Muhammad di masa awal, Ka’bah seorang diri dikira bagaikan dewi, 3 generasi saat sebelum Islam muncul. Kultur semitik Timur Tengah pula mempunyai tradisi buat memakai batu - batu asing bagaikan indikator tempat penyembahan, suatu fenomena yang tertulis baik di Injil Yahudi ataupun Qur’an.

Pada masa Nabi Muhammad SAW, sejarah batu Hajar Aswad jadi berarti dikala sebagian klan di Mekah berkelahi buat memastikan siapa yang pantas meletakkan Hajar Aswad berulang ke Ka’bah sehabis renovasi akibat kebakaran besar. sehabis sebelumnya kira - kira terjalin perang, para tetua klan mulai menyetujui usulan kalau mereka wajib bertanya kepada orang selanjutnya yang melewati gerbang Ka’bah, dan juga kebetulan orang itu merupakan Muhammad yang masih berumur 35 tahun. sehabis mendengar pokok permasalahan, Muhammad memohon para pemimpin klan buat membawakannya suatu kain, yang setelah itu dia pakai buat meletakkan Hajar Aswad di penggalan tengah kain tersebut. sehabis diletakkan, Muhammad memohon tiap kepala klan buat memegang sisi ujung dari kain tersebut, mengangkatnya, dan juga membawanya ke posisi yang pas buat meletakkan Hajar Aswad. sehabis datang di tempatnya, Muhammad seorang diri yang mengambil dan juga meletakkan Hajar Aswad di posisi yang seharusnya, dan juga perihal ini sukses menggagalkan perang yang bisa jadi terjalin di antara klan - klan Mekah tadi.

Sejarah menimpa batu Hajar Aswad terus sinambung tetapi sebelumnya dia pernah hadapi sebagian kehancuran yang signifikan. Batu ini pula dikisahkan sempat rusak oleh batu yang ditembakkan oleh katapel dikala terjalin penyerangan Mekah oleh Umayyad. Fragmen - fragmen batu yang rusak itu setelah itu disatukan berulang oleh Abdullah Ibnu Zubayr memakai perak. Pada tahun 930, batu tersebut dicuri oleh kalangan Qarmati sampai ke tempat yang saat ini bernama Bahrain. Kini, batu ini jadi penggalan berarti dalam upacara keagamaan umat Islam, ialah kala mereka melakukan haji.

Sekian informasi pendek menimpa asal usul batu hajar aswad, mudah - mudahan jadi pengetahuan baru buat kamu semua. Terima kasih telah mendatangi taman kami. Salam

Baca Juga

Sejarah Asal Usul Batu Hajar Aswad | Umat Muslim Harus Tahu
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan