Minggu, 20 Maret 2016

Wajib Baca !!! Inilah Waktu Utama dan Mustajab Untuk Mengerjakan Shalat Tahajud

 Salat Tahajud mempunyai kelebihan dibanding
dengan salat sunnah lainnya. Rasulullah SAW bersabda kalau waktu penerapan salat ini berbarengan dengan turunnya Allah SWT ke dunia. ia mengabulkan tiap doa hamba - hambaNya yang meminta dalam doa.

Maka dari itu tidak sedikit umat Islam dengan hasrat yang kokoh berlomba - lomba buat dapat bangun mendirikan salat malam ini. Memang, dibandingkan dengan salat sunnah lainnya, Tahajud mempunyai kelebihan tersendiri.


Pelaksanaannya dicoba malam hari seperti ibadah sembunyi - sembuyi. tetapi tidak sedikit yang masih bimbang kapan waktu yang mustajab buat melakukan salat ini. Tidak tidak sering terdapat yang sangat kilat ataupun malah terlambat melaksanakannya.

Berikut ini waktu mustajab setimpal hadist Rasulullah SAW.

Masruq ra. mengatakan, kalau dia sempat berkata kepada Aisyah ra tentang amal ibadah Rasulullah SAW. Aisyah mencerahkan “ dia menggemari amal itu terus menerus,” Kapan dia salat malam” Tanya Masruq. “Kalau ayam berkokok, dia bangun kemudian shalat” Jawab Aisyah (HR. Muslim)

Dalam riwayat lain pula disebutkan kalau waktu mustajab penerapan salat malam merupakan pada sepertiga malam terakhir. Waktu ini setimpal hadist yang diriwayatkan Muslim dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda yang artinya

“Allah SWT tiap malam turun ke langit dunia ialah hampir sepertiga malam terakhir. ia berfirman, “ Siapa aja yang memeohon kepada - Ku, saya perkenankan. Siapa yang memohon kepada - Ku, saya beri. dan juga siapa yang meminta ampun kepada - Ku, saya ampuni” (HR Muslim)

Riwayat lain pula mengatakan kalau salat malam dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir. Amr bin Utbah ra mengatakan kalau Rasulullah SAW bersabda “Saat dimana Tuhan amat dekat dengan hamba - Nya merupakan pada tengah malam terakhir, bila kalian mampu buat bangun guna mengingat Allah, hendaklah engkau lakukan” (HR. Tirmidzi).

Jika malam hari dipecah jadi tiga, hingga terhitung semenjak tuntas salat Isya sampai jam 23.00 WIB, setelah itu sepertiga malam kedua mulai jam 11 malam sampai jam 2 pagi. sebaliknya dan juga sepertiga malam terakhir merupakan jam 2 sampai terbit fajar (atau menjelang subuh).

Dari hadist - hadist di atas dipaparkan kalau waktu yang amat baik buat salat malam merupakan sepertiga malam terakhir ataupun dekat jam 2 pagi sampai menjelang fajar. mudah - mudahan data ini berguna dan juga terimakasih sudah membaca. Kebenaran ilmu pengetahuan cuma kepunyaan Allah SWT. 



Sumber:
http_bedahkabar_blogspot_co_id/2016/03/wajib-baca-inilah-waktu-utama-dan.html

Baca Juga

Wajib Baca !!! Inilah Waktu Utama dan Mustajab Untuk Mengerjakan Shalat Tahajud
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan