Jumat, 29 April 2016

SUBHANALLAH !!! ATAS IZIN ALLAH 50 GEREJA BERUBAH MENJADI MASJID . BANTU SHARE

Dengan berbagai alasan, ada bangunan-bangunan gereja di dunia ini yang berganti manfaat jadi masjid. Bahkan arsitektur di dalam ruangan masih tetap menghadirkan kemegahan gereja, seperti apakah keindahannya? Mari kita delik yang berikut ini.

1. Masjid Central Wembley, London

Masjid Central Wembley, London
Masjid ini terdapat di dekat jantung kota Wembley, London, dan yaitu satu tempat yang memang memiliki komune Muslim yang cukup besar. Walaupun sudah memiliki kubah di bagian puncak menara, sisa arsitektur gereja masih tetap tampak terang. Dulunya bangunan ini yakni gereja Protestan namun selanjutnya dibeli oleh komune Muslim pada 1993. Selama 3 th. bangunan ini di renovasi dan selanjutnya jadi satu ruangan besar untuk melaksanakan ibadah umat Islam.

2. Masjid Hagia Sophia, Turki

Pada masanya, Hagia Sophia (dikenal dengan Ayasofya dalam bhs Turki) yakni gereja Ortodok. Pada th. 1204-1261, bangunan ini jadi gereja Katholik Roma. Tetapi saat Konstantinopel dikuasai Dinasti Usmaniyah pada th. 1453, Hagia Sophia dirubah faedahnya jadi masjid. Segi altar katedral besar ini dirubah jadi mihrab dan mimbar suci dan ditambah 4 menara di sekitaran bangunan. Hebatnya, arsitektur megah katedral Kristen bisa berhimpun demikian cantik dengan indahnya kaligrafi Islam di sebagian sudut bangunan ini.

3. Masjid New Peckham, London

Didirikan oleh Syeikh Nadzim Al Kibrisi. Ada di dekat Burgess Park, tepatnya di London Selatan SE5. Sekarang ini masjid ini ada di bawah pengawasan Imam Muharrim Atlig dan Imam Hasan Bashri. Dulunya gedung masjid ini yakni bangunan gereja St. Marks Cathedral. Segi atas masjid bahkan jadi satu di antara pusat kebudayaan Islam dengan satu mimbar khusus imam dan kipas angin sederhana. Walau seperti bangunan tempat tinggal umum, tidak kurangi nilai indah Islam di sana.

4. Masjid Didsbury, Burton Road, Didsbury Barat, Manchester

Masjid Didsbury, Burton Road, Didsbury Barat, Manchesterbujangmasjid. blogspot. com
Kota Manchester di Inggris bukan hanya popular karena dua club sepakbola Manchester United dan Manchester City. Namun di tempat Burton
Road, Didsbury Barat ada satu masjid Didsbury yang populer. Bangunan masjid itu bekas gereja komune Metodis dan yaitu bangunan kuno yang berdiri sejak mulai 1883. Th. 1962 gereja itu ditutup dan beralih jadi masjid dan pusat agama Islam. Mempunyai bentuk yang serupa gereja masih tetap dirawat sampai saat ini. Bukan hanya itu, sisi dalam juga masih tetap serupa gereja hanya saja memiliki mimbar untuk imam. Sungguh indah.

5. Masjid Brent, London

Chichele Road, London dan bisa menaruh 450 jamaah. Dulunya bangunan ini yakni satu gereja dan masih
tetap bisa anda saksikan dari luar. Karena mempunyai bentuk memang sedikit berpindah hanya ditambah kubah kecil berwarna hijau di bebrapa sisi dan puncak menara. Walaupun kecil, masjid ini tunjukkan bila Inggris jadi satu di antara negara dengan perubahan Muslim paling cepat.
6. Masjid Agung Cordoba, Spanyol
Masjid Agung Cordoba, Spanyol
baseofmuslim. blogspot. com
Permulaannya bangunan ini yaitu gereja Katholik di satu kota di Andalusia, selatan Spanyol, yang dibangun pada th. 600 bernama St. Vincent. Tetapi saat Dinasti Umayyah kuasai tempat Andalusia, gereja itu jadi masjid. Mulai digunakan pada th. 961, perlahan mimbar, mihrab dan menara ditambahkan di bangunan ini. Istimewanya, masjid Agung Cordoba menggabungkan arsitektur Rennaisance dan Moorish yang demikian tersohor di dunia. Keindahannya terlihat dari material marmer dan batu granit dan kaligrafi Al-Quran yang menghiasai dindingnya.

7. Masjid Zakariyya, Bolton, Inggris

Masjid Jami Zakariya atau atau Zakariya Jame Masjid yaitu masjid sentral di Bolton, Inggris Raya. Yaitu satu di antara sekian banyak masjid di Inggris Raya yang dibangun dari satu bekas bangunan Gereja yang sudah tidak dipakai. Masjid Jami’ Bolton dibangun dari bekas Gereja Methodist yang rusak kritis akibat kebakaran hebat. Dan lantas dijual ke Muslim Bolton yang tengah mencari tempat untuk pembangunan satu masjid untuk menaruh jemaah yang semakin membludak dan tidak tertampung lagi di bangunan yang selama demikian saat digunakan sebagai masjid sebentar.
Pada th. 1965-1967 sebagian muallaf di Bolton dan Balcburn pernah tidak memiliki tempat untuk melakukan beribadah. Kerapkali mereka harus meminjam satu diskotik yang di kenali bernama The Aspinal untuk kerjakan shalat Jum’at yang jalan hanya 1 minggu sekali.
Pada th. 1967, sebagian muallaf peroleh tawaran untuk beli satu gedung bekas gereja yang telah terbakar lebih dahulu. Karena semakin butuhnya akan gedung tempat melaksanakan ibadah yang permanen, sebagian muallaf mengumpulkan dana dan berhasil beli gedung itu seharga 2750 pound sterling.
Bangunan rusak yang telah terbeli di renovasi hingga sekarang ini jadi satu gedung besar berkubah yang begitu berwibawa, yang lengkap dengan menara yang sekarang ini menjadikan tempat melaksanakan ibadah umat muslim di sana.

8. Masjid Jami’ Brick Lane, London

Tempat melaksanakan ibadah ini dikenal juga dengan sebutan masjid Brick Lane, karena posisinya di Brick Lane 52. Bangunan berdinding bata merah itu, yaitu masjid terbesar di London, yang bisa menaruh 4000 jama’ah. Meskipun itu luas, masjid ini belum bisa menaruh semuanya anggota jama’ah shalat Jumat, sampai kerapkali jama’ah meluber ke jalan raya. Beberapa besar anggota jama’ah yaitu keturunan Banglades, hingga tempat itu disebut Banglatow.




(sumber: kabarsehatselalu.com)

Baca Juga

SUBHANALLAH !!! ATAS IZIN ALLAH 50 GEREJA BERUBAH MENJADI MASJID . BANTU SHARE
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan