Jumat, 29 April 2016

SUBHANALLAH...!! MASJID INI DI BANGUN TANPA MENGGUNAKAN SEBUAH PAKU SATUPUN, TAPI BERTAHAN HINGGA 200'AN TAHUN YANG ADA DI KABUPATEN KERINCI. TOLONG SEBARKAN...

Kabupaten Kerinci terkenal dengan gunung serta danaunya, juga perkebunan tehnya. Hasil-hasil pertaniannya sangat melimpah.

Kerinci juga kaya dengan peninggalan histori Islam, salah satunya yaitu belasan masjid kuno yang usianya kian lebih seratus, bahkan juga tiga ratus th..

Di antara masjid-masjid kuno itu yaitu masjid Keramat di Koto Tuo Desa Pulau Tengah, Kecamatan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci. Masjid Keramat yaitu masjid yang usianya paling tua, berdiri sekitaran 1750.

Masjid itu itu bisa menceritakan mengenai histori masuknya Islam di Kerinci, bahkan juga menceritakan mengenai peranannya yang besar waktu ummat Islam di Kerinci melawan serta mengusir beberapa penjajah Belanda.



ini dapat mempunyai kekhasan, bangunannya tanpa ada memakai
satu buah paku juga, " ungkap Sekretaris Dinas Pemuda Olaraga serta Pariwisata Budaya Kabupaten Kerinci, Drs Rapuan Kamal.

Masjid Keramat didirikan seseorang ulama keturunan Mataram yang di kenal dengan nama Syaikh Kuat, lantaran mempunyai fisik yang kuat atau di kenal juga dengan nama Syaikh Qulhu lantaran selama hidupnya mengamalkan bacaan surat Al Ikhlas.

Dia juga di panggil dengan nama Syaikh Kalai atau Qadi atau Penghulu, dan dengan nama Syaikh Mudzakkir atau orang yang sukai berdzikir.

Keturunan Syaikh Kuat juga masihlah tinggal di lokasi masjid itu serta turut menjaga masjid yang dilindungi itu. Sesaat untuk melindungi kebersihan serta menjaga masjid, Museum Purbakala Propinsi Jambi, meletakkan seseorang pegawai honorer disana.

 


(sumber: pusatberitaharian.com)

Baca Juga

SUBHANALLAH...!! MASJID INI DI BANGUN TANPA MENGGUNAKAN SEBUAH PAKU SATUPUN, TAPI BERTAHAN HINGGA 200'AN TAHUN YANG ADA DI KABUPATEN KERINCI. TOLONG SEBARKAN...
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan