Jumat, 27 Mei 2016

Inilah 4 Jasa Bung Karno untuk Umat Islam Seluruh Dunia yang Patut Dikenang

bung karno tidak cuma diketahui di dalam negara, di masanya, dia jadi salah satu tokoh dunia yang disegani. banyak kedudukan dan juga kontribusinya buat dunia, tercantum di dalamnya merupakan kaa, gerakan non blok, dan juga lain - lain, yang tidak lain merupakan wujud keprihatinan dia memandang keadaan dunia waktu itu. tinta emas juga tertoreh buat gagasan - gagasan brilian putra si fajar.

bung karno pula salah satu pemimpin dunia dikala itu yang begitu concern terhadap kemaslahatan umat islam. berikut ini merupakan sebagian kedudukan dia di dunia islam yang pantas kita kenang dan juga banggakan.
menciptakan makam imam bukhari

imam bukhari menggambarkan wujud berarti untuk umat islam di dunia.

ya, dia merupakan salah satu perawi hadits amat termasyhur tidak hanya imam muslim, tirmidzi, abu daud, ibnu majah ataupun an nasa’i. dia berfungsi besar dalam mengisahkan jejak kehidupan nabi muhammad saw. tetapi, siapa sangka bila temuan makam imam bukhari tidak terlepas dari jasa soekarno.

penguasa paling tinggi uni soviet (saat ini rusia) ketika itu, nikita sergeyevich khrushchev mengundang soekarno ke moskow pada tahun 1961. putra si fajar ingin tiba, asalkan khrushchev mampu menciptakan makam imam bukhari. tanpa pikir panjang, khrushchev menyuruh pasukan elitenya buat menciptakan makam yang diartikan bung karno.

pencarian itu juga menemui jalur buntu sampai - sampai membikin khrushchev kalang kabut. sedangkan bung karno senantiasa teguh dalam pendiriannya, di mana bila makam yang ia iktikad kandas ditemui, hingga pribadinya ogah menginjakkan kaki ke moskow.

soviet ketika itu benar lagi memerlukan sokongan indonesia melawan amerika serikat (as). kesimpulannya, dengan seluruh energi dan juga upaya khrushchev memerintahkan pasukannya mengumpulkan data dari para sesepuh beragama islam di dekat samarkand. khrushchev juga girang bukan kepalang dikala makam imam bukhari sukses ditemui dalam kondisi amat tidak terpelihara.

pentolan negara beruang merah itu setelah itu memerintahkan pasukannya mensterilkan dan juga memugar makam imam bukhari sampai - sampai terlihat indah. sehabis seluruh persiapan itu beres, khrushchev kemudian menghubungi bung karno. bung karno kesimpulannya penuhi janjinya mendatangi moskow dan juga menyempatkan diri berkunjung ke samarkand pada 12 juni 1961.

menyelamatkan universitas al - azhar

bung karno sempat menyelamatkan universitas al - azhar dari ancaman penutupan oleh presiden mesir ketika itu, gamal abdel nasser. ancaman penutupan itu berawal kala nasser memandang gelagat golongan ulama al - azhar yang bergabung dengan kelompok ikhwanul muslimin dalam rangka ‘mengusik’ kekuasaannya.

nah, bung karno yang mendengar niatan presiden gamal lalu berkunjung ke mesir dalam rangka kunjungan kenegaraan pada tahun 1955 sekalian bawa misi mempertanyakan langsung hasrat nasser bersikukuh mau menutup universitas kebanggaan rakyat mesir itu.

sehabis keduanya berjumpa dan juga ikut serta diskusi, kesimpulannya presiden gamal langsung mengurungkan niatnya menutup al - azhar. sejarah mencatat, ikatan kedua negeri ini benar amat mesra. susah rasanya untuk gamal menolak permintaan soekarno dikala itu.

merimbunkan padang tandus arafah

kiprah spektakuler bung karno seolah tidak sempat habis dilekang waktu. dia pula dikira telah berjasa menghijaukan padang arafah yang amat tandus. penanaman tumbuhan di padang arafah, arab saudi berawal dari ilham bung karno supaya umat islam tidak kepanasan dikala menunaikan ibadah haji.

raja fahd yang begitu menghormati soekarno lalu mengabulkan permintaannya dan juga “menyulap” padang tandus nan gersang jadi pepohonan hijau.

atas jasa bung karno, raja fahd setelah itu mengabadikan nama “pohon soekarno” buat jejeran tumbuhan yang sampai saat ini nampak menghijaukan areal arafah tersebut. ada juga tipe tumbuhan yang ditanam yakni tipe mimba yang daunnya konon efektif menyembuhkan penyakit diare.

tidak hanya itu, bung karno pula berjasa atas pembuatan 3 jalan tempat sa’i. serupa dikenal, tempat sa’i antara bukit safa dan juga marwa saat ini dibagi jadi 3 jalan. di mana jalan kesatu merupakan dari bukit safa ke bukit marwa.

kedua, dari bukit marwa ke bukit safa. sebaliknya jalan ketiga berposisi di tengah - tengah antara jalan kesatu dan juga kedua yang spesial diperuntukkan untuk mereka yang sudah lanjut umur maupun cacat raga yang memakai sofa roda.


cerita soekarno dan juga masjid biru di rusia

keberadaan masjid biru yang terletak di kota saint petersburg pula tidak terlepas dari jasa soekarno. bung karno sempat berkunjung ke masjid tersebut pada tahun 1956 silam.

di masa uni soviet (saat ini rusia) , segala masjid dan juga gereja dikala itu bergeser guna jadi gudang. masjid itu menggambarkan salah satunya masjid yang tidak ditutup.

bung karno dikira berjasa dalam membuka berulang guna masjid biru yang semula diperuntukan gudang. bung karno memohon pada pemimpin uni soviet dikala itu, nikita khrushchev, guna mengembalikan guna masjid itu. sebelumnya, masjid itu difungsikan bagaikan gudang buat menaruh obat - obatan dan juga senjata.





[sumber: okezone. com ]

Baca Juga

Inilah 4 Jasa Bung Karno untuk Umat Islam Seluruh Dunia yang Patut Dikenang
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan