Minggu, 15 Mei 2016

Inilah 8 Amalan Menyambut Ramadhan

TAK terasa kini kita berada pada bulan Sya’ban lagi. Itu artinya dalam hitungan minggu kita akan memasuki bulan yang penuh dengan keberkahan. Ya, bulan Ramadhan. Bulan yang umat Muslim tunggu-tunggu. Bulan di mana Allah memberikan banyak pahala dan keberkahan di dalamnya.

Tentunya untuk menyambut bulan Ramadhan yang hanya ada satu tahun sekali ini kita harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Namun, bagaimanakah seharusnya kita mempersiapkan diri menghadapi bulan Ramadhan?
Berikut ini ada beberapa amalan yang dapat kita persiapkan untuk menyambut Ramadhan.

1. Mempelajari fikih selama bulan ramadhan

Karena Allah perintahkan manusia untuk berbekal selama perjalanan hidupnya,

“Ambillah bekal, dan sebaik-baik bekal adalah taqwa” (QS. Al-Baqarah: 197)

Untuk bisa menggapai taqwa selama ramadhan, kita harus mengikuti aturan syariat yang berlaku selama bulan mulia itu. Dan satu-satunya jalan untuk bisa mengikuti aturan syariat itu adalah dengan mempelajari aturan terebut dan berusaha mengamalkannya.

Karena itulah, para ulama sejak masa silam, selalu memotivasi kaum muslimin untuk belajar dan belajar. Belajar aturan syariat kemudian berusaha mengamalkannya.

2. Memperbanyak istighfar dan taubat.

Setiap anak adam pasti pernah salah dalam kehidupannya. Iman yang selalu naik dan turun, perjalanan hidup yang banyak godaan pasti akan membuat anak adam pernah terpeleset sehingga terkotori oleh dosa, dan kotoran itu perlu dibersihkan. Maka istighfar dan taubat adalah pembersihnya.

Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun. (QS. Al-Anfaal: 33)

3. Melatih diri dengan shaum sunnah

Untuk menghadapi Ramadhan kita membutuhkan energy yang cukup baik. Salahsatu cara kita untuk mempersiapkan diri menyambut Ramadhan adalah dengan memperbanyak shaum sunnah di bulan Sya’ban.

Dari Aisyah ra, ia berkata: “Tidaklah saya melihat Rosulullah menyempurnakan satu bulan puasa kecuali ramdhan, dan tidaklah saya melihat Rosulullah yang paling banyak puasanya kecuali di bulan sya’ban. (HR. Bukhori)

4. Memperbaiki hubungan dengan saudara dan keluarga

Allah berfirman :

“Bertakwalah kepad Allah dan perbaiki hubungan diantara kalian”.

Memperbaiki kembali hubungan dalam keluarga menyambut ramadhan akan semakin menambah keharmonisan dalam keluarga ketika menjalankan ibadah puasa, karena hati yang bersih akan semakin suci. Maka menjelang ramadahn saatnya untuk saling meminta maaf dan memaafkan.

Itulah beberapa amalan yang bisa kita lakukan untuk menyambut bulan suci penuh ampunan.




[sumber: islampos.com]

Baca Juga

Inilah 8 Amalan Menyambut Ramadhan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan