Kamis, 26 Mei 2016

Kenapa Rute Isra Miraj Lewat Palestina?

 1. kejadian #isramiraj ini luar biasa. jumhur ulama memposisikannya di urutan kedua mukjizat nabi saw yg terbanyak kedua sehabis angkatan laut (AL) quran.

2. banyak keistimewaan sekalian hikmah yg dapat kita pelajari di balik ekspedisi #isramiraj.

3. sampai - sampai kejadian #isramiraj, allah abadikan sbg nama surah ke - 17 dalam angkatan laut (AL) quran dan juga sekalian di ayat pembukanya.

4. allah ‘azza wajalla memulai surah tsb dgn kata “subhana” (maha suci). utk menampilkan betapa menakjubkannya kejadian #isramiraj.

5. setelah itu proses ekspedisi #isramiraj secara eksplisit diceritakan dgn kata kerja “asraa” (memperjalankan). bukan “saraa” (berjalan).

6. kata “asraa” dlm ilmu nahwu sharaf merupakan “fiil mutaadi” (kata kerja transitif) , mewajibkan keterlibatan subjek objek.

7. berarti dlm kejadian #isramiraj, rasulullah tidak berjalan atas kehendak individu dan juga dgn keahlian seorang diri. terdapat “campur tangan” allah.

8. kejadian #isramiraj yg luar biasa tsb tidak bisa jadi terjalin bahwa bukan dgn kekuasaan allah. dan juga rasulullah (cuma) “diperjalankan”.

9. secara jelas, allah berkata “bi abdihi” (hambanya). menegaskan kalau rasulullah sbg “objek yg diperjalankan” dlm #isramiraj.

10. dalam qs angkatan laut (AL) isra: 1, allah pula meningkatkan penjelasan waktu “lailan”. kalau kejadian #isramiraj amat pendek. cuma tadi malam.

11. definisi “lailan” dlm kajian nahwu sharaf merupakan semenjak terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar.

12. dlm riwayat2 shahih diceritakan: rasulullah dijemput jibril mikail dgn buraq pd dikala bada isya kemudian berulang saat sebelum fajar.

13. ataupun bahwa kita convert ke waktu wajar manusia, kejadian #isramiraj cuma terjalin dalam waktu 8 - 9 jam. amat pendek.

14. setelah itu, sehabis di informasikan data pelakon dan juga waktu ekspedisi tsb, angkatan laut (AL) isra: 1 jg mengabarkan rute #isramiraj.

15. penggalan rute #isramiraj bagi aku yg amat menarik. dari masjidil haram makkah ke masjidil aqsha palestina. mengapa?

16. mengapa tidak dari masjidil haram, langsung naik ke langit? mengapa masjidil aqsha diseleksi sbg tempat “take off” - nya buraq?

17. mengapa wajib masjidil aqsha? mengapa tidak masjid nabawi (madinah) yg sebagian bulan setelah itu hendak rasulullah hijrahi?

18. ataupun merujuk kota yatsrib (madinah) yg nanti dibentuk masjid suci pula di situ dan juga sbg tempat hijrah rasulullah.

19. tentu terdapat hikmah di balik itu seluruh. kenapa baitul maqdis palestina diseleksi sbg tempat transit buraq saat sebelum naik ke langit.

20. secara impilisit, angkatan laut (AL) isra: 1 juga menggambarkan fenomena itu. frasa “masjidil haram” tidak diiringi dgn penjelasan whatever.

21. tetapi, dikala diucap “masjidil aqsha”, allah meningkatkan penjelasan “yang telah kami berkahi sekelilingnya…. ”

22. “…. supaya kami perlihatkan kepadanya sebagian dari isyarat (kebesaran) kami…”


23. begitu unik dan juga menarik buat kita telisik lebih dalam. terdapat apa dgn masjidil
aqsha? kenapa ia jadi istimewa dlm cerita #isramiraj?

24. nyatanya terdapat sebagian sebab dijadikannya baitul maqdis tsb sbg tempat “take off” - nya buraq.

25. kesatu, bagi penjelasan dlm marah labid/tafsir munir karya imam an nawawi angkatan laut (AL) bantani…

26. kala buraq bertolak dari masjidil aqsha (ke langit) , jalur yg dilalui berbentuk jalur lurus tanpa terdapatnya belokan2.

27. sampai - sampai jarak tempuh jadi lebih pendek. memesatkan ekspedisi. #isramiraj

28. terlebih lagi dlm satu riwayat dikatakan kalau posisi masjidil aqsha terletak tegak lurus dgn “pintu langit” wallahu alam.

29. sebab kesatu ini bisa jadi dapat kita sebut sbg “faktor astronomis”.

30. kedua, dgn dipilihnya masjidil aqsha sbg penggalan dari rute #isramiraj berarti ekspedisi tsb merupakan “dari masjid ke masjid”.

31. masjidil aqsha menggambarkan masjid ketiga yang diajarkan buat didatangi sehabis masjidil haram dan juga masjid nabawi.

32. aspek ini sekalian menegaskan kita betapa sentralnya kedudukan masjid dalam islam.

33. ketiga, nyatanya dalil sejarah pula medukung. baitul maqdis sempat jadi kiblat kesatu umat islam.

34. sampai - sampai ekspedisi isra terjalin di antara 2 kiblat.

35. jauh saat sebelum rasulullah saw diutus, wilayah dekat palestina menggambarkan negara para nabi dan juga rasul.

36. palestina dan juga daerah syam yg lain bagi ibnu khaldun dalam mukaddimah - nya diucap sbg “daerah lingkar kesatu peradaban”.

37. secara tidak langsung, allah mau mengajak rasulullah utk kilas balik perjuangan dakwah nabi dan juga rasul sebelumnya.

38. mengingat berulang kalau dalam dakwah ilallah senantiasa terdapat ancaman dan juga tekanan. serupa para rasul terdahulu.

39. dan juga benar keadaan jiwa rasulullah saat sebelum #isramiraj lagi tidak normal sepeninggal abu thalib dan juga istri terkasih, siti khadijah.

40. rasulullah butuh “dihibur” dan juga dikuatkan antusias juang dalam melangsungkan tugas risalah, sekalian bersiap utk hijrah.

41. tidak hanya ketiga sebab tersebut, nyatanya sampai masa kontemporer dikala ini pembicaraan tentang masjidil aqsha masih berlangsung.

42. masjidil aqsha dan juga palestina masih senantiasa jadi “buah bibir” warga dunia. terlebih semenjak deklarasi balfour 1917.

43. yg dengan didukung resolusi pbb no 181 pada bertepatan pada 29 november 1947, zionis israel menduduki palestina.


44. sampai - sampai dikala ini, memeringati #isramiraj merupakan memeringati perjuangan perebutan berulang masjidil aqsha, tanah #isramiraj rasulullah.


45. berubah dgn masjidil haram yg telah memperoleh jaminan keamanan langsung dari allah. namun, tidak utk masjidil aqsha.

46. utk masjidil aqsha, jadi tugas kalangan muslimin. sekalian meyakinkan frasa “al - ladzi barakna haulahu…” dlm angkatan laut (AL) isra: 1.

47. keempat sebab seperti itu yg harusnya jangan luput kita renungi. masjidil aqsha sbg tempat istimewa untuk kalangan muslimin.




(sumber: portalpiyungan.com)

Baca Juga

Kenapa Rute Isra Miraj Lewat Palestina?
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan