Minggu, 22 Mei 2016

Ternyata Dajjal Takut Kepada Dukhan, Lalu Apa Itu Dukhan? Berikut Penjelasannya...

salah satu ciri datangnya hari kiamat merupakan terdapatnya dukhan. makna dukhan seorang diri bagi bahasa merupakan asap ataupun kabut. firman allah yang melaporkan kalau terdapatnya asap jadi ciri kiamat ada dalam angkatan laut (AL) quran tulisan angkatan darat (AD) dukhan ayat 10 - 12. “maka tunggulah hari kala langit bawa kabut yang nyata yang meliputi manusia. inilah adzab yang pedih (mereka berdoa) : “ya tuhan kami, lenyapkanlah dari kami adzab itu. sebetulnya kami hendak beriman. ”

nabi shallallahu ‘alaihi wasallam juga telah bersabda dalam hadist yang berasal dari abu hurairah. “bersegeralah buat melaksanakan amal soleh saat sebelum tiba 6 perihal: matahari terbit dari barat, timbulnya dajjal, keluarnya dabbah (fauna melata) , kematian kamu ataupun masalah genting yang meluas di warga. ” (hr bukhari muslim)

perbandingan komentar tentang penafsiran dukhan

komentar yang kesatu melaporkan kalau dukhan merupakan suatu keadaan kelaparan yang mengenai kalangan quraisy disebabkan keadaan kekeringan yang berkelanjutan. keadaan ini terlebih lagi membikin debu yang kering berterbangan berbarengan angin sampai - sampai disebutlah bagaikan dukhan.

ulama yang menunjang hendak penjelasan dari ibnu qutaibah tersebut merupakan teman ibnu mas’ud dan juga dikuti oleh sebagian ulama salaf yang yang lain.

ibnu mas’ud sempat ditanyai oleh muridnya ialah masruq karna mendengar seorang di kindah yang melaporkan kalau dukhan hendak tiba pada hari kiamat dan juga menyambar kuping dan penglihatan kalangan munafik. sedangkan untuk kalangan mukmin, dukhan cuma hendak berimbas serupa terserang pilek.

ibnu mass’ud setelah itu mengatakan, “siapa yang mempunyai ilmu, bicaralah. dan juga siapa yang tidak memilikinya, hingga ucapkan wallahu a’lam. ”kemudian ibnu mas’ud menggambarkan arti sesungguhnya dari dukhan.
“ketika orang kafir quraisy tidak ingin masuk islam, nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mendoakan keburukan buat mereka. dia berdoa, “ya allah, timpakanlah kekeringan kepada mereka serupa kekeringan di era yusuf. ” kemudian mereka hadapi kekeringan, hingga banyak yang wafat, kemudian mereka makan bangkai, tulang. sedangkan orang memandang di antara langit dan juga bumi (hawa) serupa asap. ” (hr ahmad dan juga bukhari)

teman ibnu mas’ud pula sempat berkata, “ada 5 ciri kiamat yang sudah terjalin: kejadian angkatan laut (AL) lizam (hukuman untuk kalangan kafir) , kejadian perang romawi, angkatan laut (AL) bathsyah (kekalahan orang kafir pada perang badar) , terbelahnya bulan dan juga dukhan. ” (hr bukhari)

komentar kedua melaporkan kalau dukhan hendak timbul di hari kiamat dan juga dapat dilihat oleh seluruh orang. para pendukung komentar ini merupakan ali bin abi thalib, ibnu umar, ibnu abbas dan juga ulama lain yang diperkuat oleh tafsir ibnu katsir.

ibnu katsir dalam tafsirnya mencantumkan perkataan ali bin abi thalib yang berbunyi, “dukhan belum terjalin, orang mukmin hendak jadi serupa orang pilek. kemudian asap itu menghembus orang kafir hingga binasa. ”

tidak hanya itu, ibnu umar juga berkata, “akan keluar dukhan, kemudian orang mukmin terserang imbasnya sampai serupa orang pilek. kemudian asap ini masuk ke kuping orang kafir dan juga munafik sampai - sampai kepala mereka serupa kepala hewan panggang. ”
komentar yang ketiga menggambarkan gabungan dari komentar kesatu dan juga kedua dimana dukhan telah terjalin sebelumnya dan juga hendak terjalin pula di akhir era. inilah komentar yang diseleksi oleh imam nawawi yang dilansir oleh imam angkatan laut (AL) qurthubi.

“mujahid berkata kalau ibnu mas’ud berkomentar terdapat 2 dukhan. salah satu telah terjalin. sedangkan yang satunya hendak penuhi langit dan juga bumi. tiap mukmin hadapi pilek. sedangkan orang kafir, telinganya dilubangi. ” (at tadzkirah)

lalu kenapa dukhan begitu ditakuti dajjal?

dajjal tidaklah makhluk yang tidak mempunyai kelemahan dan juga salah satunya merupakan dukhan. ini karna dukhan membikin dajjal jadi cacat dan juga para pasukannya jadi sirna lebur. keadaan dajjal jadi buta sebelah dan juga ada tulisan kafir di dahi karna dampak dukhan tersebut.

sama serupa dajjal, orang kafir dan juga yahudi yang terdapat di khurasan pula hendak hadapi bengkak dari kepala sampai ke kaki akibat dukhan. dan juga mereka nantinya hendak jadi pengikut dari dajjal sebagaimana yang disebutkan oleh rasulullah, “dajjal hendak keluar di bumi penggalan timur yang diucap khurasan. dia ditakuti oleh sebagian kalangan yang muka mereka serupa perisai yang dipukuli. ”

iktikad ‘seperti perisai yang dipukuli’ dari penjelasan rasulullah tersebut merupakan muka mereka yang bengkak karna dampak dukhan sampai - sampai serupa benjol ataupun habis dipukuli.




(sumber: viva. co. id)

Baca Juga

Ternyata Dajjal Takut Kepada Dukhan, Lalu Apa Itu Dukhan? Berikut Penjelasannya...
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan