Senin, 20 Juni 2016

7 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar, Semoga Kita Mendapatkannya..

tiap muslim tentu menginginkan malam penuh kemuliaan, lailatul qadar. malam ini cuma ditemukan setahun sekali. orang yang beribadah sejauh tahun tentu lebih gampang memperoleh kemuliaan malam tersebut karna ibadahnya teratur dibandingkan dengan orang yang beribadah jarang - jarang.

edisi kali ini kita hendak memandang keistimewaan lailatul qadar yang begitu utama dari malam yang lain.

1 - lailatul qadar merupakan waktu diturunkannya angkatan laut (AL) qur’an

ibnu ‘abbas dan juga selebihnya berkata, “allah merendahkan angkatan laut (AL) qur’an secara utuh sekalian dari lauhul mahfuzh ke baitul ‘izzah yang terdapat di langit dunia. setelah itu allah merendahkan angkatan laut (AL) qur’an kepada rasulullah - shallallahu ‘alaihi wa sallam - tersebut secara terpisah setimpal dengan kejadian - kejadian yang terjalin sepanjang 23 tahun. ” (tafsir angkatan laut (AL) qur’an angkatan laut (AL) ‘azhim, 14: 403). ini sudah menampilkan keistimewaan lailatul qadar.

2 - lailatul qadar lebih baik dari 1000 bulan

allah ta’ala berfirman,

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

“malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. ” (qs. angkatan laut (AL) qadar: 3). an nakho’i berkata, “amalan di lailatul qadar lebih baik dari amalan di 1000 bulan. ” (amati latho - if angkatan laut (AL) ma’arif, perihal. 341). mujahid, qotadah dan juga ulama yang lain berkomentar kalau yang diartikan dengan lebih baik dari seribu bulan merupakan shalat dan juga amalan pada lailatul qadar lebih baik dari shalat dan juga puasa di 1000 bulan yang tidak ada lailatul qadar. (zaadul masiir, 9: 191). ini begitu keutamaan lailatul qadar yang luar biasa.

3 - lailatul qadar merupakan malam yang penuh keberkahan.

allah ta’ala berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

“sesungguhnya kami menurunkannya pada sesuatu malam yang diberkahi dan juga sebetulnya kami - lah yang berikan peringatan. ” (qs. angkatan darat (AD) dukhon: 3). malam penuh berkah ini merupakan malam ‘lailatul qadar’ dan juga ini sudah menampilkan keistimewaan malam tersebut, terlebih dirinci dengan point - point berikutnya.

4 - malaikat dan juga pula ar ruuh - yaitu malaikat jibril - turun pada lailatul qadar.

keistimewaan lailatul qadar diisyarati pula dengan turunnya malaikat. allah ta’ala berfirman,

تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا

“pada malam itu turun malaikat - malaikat dan juga malaikat jibril” (qs. angkatan laut (AL) qadar: 4)

banyak malaikat yang hendak turun pada lailatul qadar karna banyaknya barokah (berkah) pada malam tersebut. karna sekali lagi, turunnya malaikat menunjukkan turunnya berkah dan juga rahmat. sebagaimana malaikat turun kala terdapat yang membacakan angkatan laut (AL) qur’an, mereka hendak mengitari orang - orang yang berposisi dalam majelis dzikir - yaitu majelis ilmu -. dan juga malaikat hendak meletakkan sayap - sayap mereka pada penuntut ilmu karna malaikat amat mengagungkan mereka. (amati tafsir angkatan laut (AL) qur’an angkatan laut (AL) ‘azhim, 14: 407)

malaikat jibril diucap “ar ruuh” dan juga dispesialkan dalam ayat karna menampilkan kemuliaan (keutamaan) malaikat tersebut.

5 - lailatul qadar disifati dengan ‘salaam’

yang diartikan ‘salaam’ dalam ayat,

سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْر

“malam itu (penuh) kesejahteraan hingga terbit fajar” (qs. angkatan laut (AL) qadr: 5) ialah malam tersebut penuh keselamatan di mana setan tidak mampu berbuat apa - apa di malam tersebut baik berbuat kurang baik ataupun mengusik yang lain. demikianlah kata mujahid (amati tafsir angkatan laut (AL) qur’an angkatan laut (AL) ‘azhim, 14: 407). pula mampu berarti kalau malam tersebut, banyak yang selamat dari hukuman dan juga siksa karna mereka melaksanakan ketaatan pada allah (pada malam tersebut). begitu perihal ini menampilkan keutamaan luar biasa dari lailatul qadar.

6 - lailatul qadar merupakan malam dicatatnya takdir tahunan

allah ta’ala berfirman,

فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ

“pada malam itu dipaparkan seluruh urusan yang penuh hikmah” (qs. angkatan darat (AD) dukhan: 4). ibnu katsir dalam kitab tafsirnya (12: 334 - 335) mencerahkan kalau pada lailatul qadar hendak dirinci di lauhul mahfuzh menimpa penyusunan takdir dalam setahun, pula hendak dicatat ajal dan juga rizki. dan juga pula hendak dicatat seluruh suatu sampai akhir dalam setahun. demikian diriwayatkan dari ibnu ‘umar, abu malik, mujahid, adh dhohak dan juga ulama salaf yang lain.

tetapi butuh dicatat - sebagaimana penjelasan dari imam nawawi rahimahullah­ dalam syarh muslim (8: 57) – kalau catatan takdir tahunan tersebut tentu aja didahului oleh ilmu dan juga penyusunan allah. takdir ini nantinya hendak ditampakkan pada malikat dan juga dia hendak mengenali yang hendak terjalin, kemudian dia hendak melaksanakan tugas yang diperintahkan untuknya.

7 - dosa tiap orang yang menghidupkan malam ‘lailatul qadar’ hendak diampuni oleh allah

dari abu hurairah, dari nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dia bersabda,

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“barangsiapa melakukan shalat pada malam lailatul qadar karna iman dan juga mengharap pahala dari allah, hingga dosa - dosanya yang telah kemudian hendak diampuni. ” (hr. bukhari nomor. 1901)

ibnu hajar angkatan laut (AL) asqolani berkata kalau yang diartikan ‘iimaanan’ (karna iman) merupakan membetulkan janji allah ialah pahala yang dikasih (untuk orang yang menghidupkan malam tersebut). sebaliknya ‘ihtisaaban’ bermakna mengharap pahala (dari sisi allah) , bukan karna mengharap yang lain ialah contohnya berbuat riya’. (amati fathul bari, 4: 251) [1]

ya allah, mudahkanlah kami mencapai keistimewaan lailatul qadar dengan dapat mengisi hari - hari terakhir kami di bulan ramadhan dengan amalan sholih.

aamin yaa mujibas saa - ilin.


(sumber: rumaysyo. com )

Baca Juga

7 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar, Semoga Kita Mendapatkannya..
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan