Senin, 20 Juni 2016

Ini Tanda Tanda Malam Lailatul Qadar, Malam Yang Lebih Mulia Dari Seribu Bulan..

lailatul qadar, malam yang lebih mulia daripada seribu bulan. lailatul qadar menggambarkan malam yang amat istimewa. siapapun orang yang beriman tentu menginginkan pribadinya beruntung memperoleh keberkahan dari lailatul qadar.

bila kita cermati dari namanya, lailatul qadar berasal dari bahasa arab yang berarti malam ketetapan. karna pada malam lailatul qadar, alqur’an diturunkan bagaikan pedoman hidup manusia dan juga benda siapa yang beribadah di malam itu hingga pahalanya hendak dilipat gandakan lebih dari 29. 500 lipat. pahalanya sama aja dengan terus menerus beribadah lebih dari seribu bulan ataupun lebih dari 83 tahun.

oleh karna itu, diajarkan untuk kita buat berdoa dan juga beribadah dikala lailatul qadar. karna isnyaallah doa di malam lailatul qadar hendak diijabah dan juga dosa - dosa kita diampuni.

dari aisyah. dia mengatakan, “saya bertanya, wahai rasulullah, gimana bila aku mampu mengenali malam qadar itu, apakah yang hendaknya kita ucapkan di malam itu? ” jawab dia, “ucapkanlah olehmu: ya allah, sebetulnya engkau pengampun, suka mengampuni kesalahan, hingga ampunilah kesalahanku. ” (muttafaq alaih)


pada malam lailatul qadar, para malaikat yang bawa rahmat turun ke bumi tercantum malaikat jibril. ini mengindikasikan kalau lailatul qadar betul - betul malam penuh keberkahan. , malam penuh kesejahteraan sampai terbit fajar. dimana setan tidak dapat berbuat jahat dan juga manusia cuma bergelut dengan nafsu pribadinya seorang diri buat dapat menggunakan momentum ini. takdir tahunan juga dicatat pada malam qadar ini.


tetapi nyatanya, lailatul qadar diperuntukan rahasia oleh allah. kita tidak hendak sempat ketahui kapan nyatanya malam lailatul qadar itu hendak tiba. sekalipun begitu, para ulama telah membagikan sebagian uraian menimpa datangnya lailatul qadar ini.

para ulama berubah komentar menimpa kapan lailatul qadar itu datang. hendak namun komentar yang lebih dapat dipercaya merupakan di malam - malam ganjil di 10 hari terakhir bulan ramadhan bersumber pada hadits dibawah ini.


" rasulullah saw amat bersungguh - sungguh pada 10 hari terakhir dari bulan ramadhan, melebihi intensitas dia di waktu yang lain. " (hr. muslim)


suatu hadits shohih tiba dari teman abdullah bin umar, “rasulullah saw telah bersabda, “barang siapa yang mau menjumpai malam lailatul qadar, hendaklah dia mencarinya pada malam 2 puluh 7. ” (hr. ahmad)


bersumber pada hadits diatas, lailatul qadar hendak terjalin di malam ke - 27 ramadhan. tetapi, perbandingan penentuan dini mulai 1 ramadhan membikin kita tidak dapat menjadikan komentar itu bagaikan patokan yang absolut.

ciri ciri datangnya malam lailatul qodar

kemudian gimana kita dapat ketahui bila lailatul qadar telah datang? rasulullah saw sempat bersabda tentang isyarat datangnya lailatul qadar. apabila kita merasakan keempat perihal dibawah ini, hingga mungkin besar lailatul qadar telah kita jumpai. keempat ciri dan juga karakteristik tersebut antara lain:

1. matahari hendak terbit pada pagi harinya dalam kondisi jernih, teduh, serupa tidak terdapat cahaya. dari abi bin ka’ab kalau rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang maksudnya, ”subuh hari dari malam lailatul qadar matahari terbit tanpa cahaya, seolah - olah mirip bejana sampai matahari itu naik. ” (hr. muslim)


2. keesokan hari malam lailatul qadar, cahaya matahari nampak terang tetapi teduh.


3. di malam lailatul qadar, hawa bukanlah dingin, tidak berawan, tidak panas, dan juga tidak terdapat badai.


4. malaikat hendak merendahkan ketenangan sampai - sampai manusia dapat merasakan ketenangan tersebut dan juga merasakan kelezatan dalam beribadah, yang tidak didapatkan pada hari - hari yang lain.


mudah - mudahan allah mudahkan kita buat mencapai pahala dan juga keutamaan di malam lailatul qadar.. amiin ya mujiibas saailiin. []




(sumber: kabarmakkah. com )

Baca Juga

Ini Tanda Tanda Malam Lailatul Qadar, Malam Yang Lebih Mulia Dari Seribu Bulan..
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan