Kamis, 02 Juni 2016

PERBAIKI JADWAL SHOLATMU, SEBELUM ALLAH ATUR JADWAL HIDUPMU

 selamat membaca!

" perbaiki agenda sholatmu, supaya allah atur agenda hidup kamu "

pada sesuatu hari di awal - awal dikala mengawali usaha dahulu, aku ketemu kasus serupa itu : aku janjian dengan 3 orang di jakarta. dikala ini posisi aku di jogja tanpa banyak kenalan di jakarta dan juga cekak banget dananya.

begini jadwalnya : pak a janji ketemu hari senin siang, pak b hari rabu pagi dan juga bu c di hari jumat sore. apabila aku mau gampang, aku wajib berangkat naik kereta minggu malam dan juga menginap di jakarta 5 hari dan juga kembali jumat malam.

sayanya yang bimbang : nginep dimana, pengeluaran makannya dimana? duh repot, sementara itu janjiannya sudah di - arrange lama dan juga posisi orang yang mau aku temui ini boss - boss seluruh buat penawaran kerjaan promosi.

aku wajib menjajaki jadual mereka, aku tidak kuasa memastikan jadual karna aku yang butuh.

pusinglah aku pikirkan jadual yang mustahil ini. sampai 1 minggu mendekati harinya, aku ketemu seseorang rekan, yang ilmu agamanya cukup.

karna belum miliki pemecahan, aku pula sharing kepadanya. sahabat aku mengangguk - angguk kemudian bertanya, " jadual sholatmu gimana? "

" jadual sholat? apa hubungannya? " aku keheranan.

" sholat subuh jam berapa? " tanpa terdapat menanggapi persoalan aku, ia melanjutkan pertanyaannya.

" errr.. . jam 1/2 6, jam 6. sebangunnya lah.. kenapa, " jawab aku.

" sholat dhuhur jam berapa? "

" dhuhur? jadual sholat dhuhur ya jam 12 lah.. . " jawab aku.

" bukan, jadual sholat dhuhurmu jam berapa? " dia senantiasa menekan.

" oooh, jam 2 sering - kali 1/2 3 biar langsung asar. eh, tetapi apa hubungannya dengan masalahku tadi? " aku kian heran.

sahabat aku tersenyum dan juga mengatakan, " pantas jadual hidup kamu berhamburan. "

" lhooo.. kok? apa hubungannya? " aku lebih bimbang.

" kalian bener mau beresin masalahmu minggu depan ke jakarta? " tanyanya lagi.

" lha iya, makanya aku tadi cerita.. . , " aku menyahut.

" beresin dahulu jadual sholat wajibmu. jangan terlambat sholat, jangan ditunda - tunda, klo mampu jamaah, " jawabnya.

" kok.. hubungannya apa? " aku kian penasaran.

" kerjain aja dahulu apabila mau. tidak pula gak ayah, yang miliki kasus kan tidaklah aku.. . , " jawabnya.

aku pula pamit, jawabannya tidak memuaskan hati aku. joko sembung naik ojek, pikir aku. tidak nyambung, jek.

aku pula mencari langkah lain sembari mengumpulkan duit saku buat berangkat yang benar mepet. namun satu hari ini kerasanya buntu, buntu banget.

sampai aku berpikir, ok deh aku coba sarannya. toh tidak terdapat risiko apa - apa. namun nyatanya beratnya memohon ampun, sholat cocok waktu berat apabila kita memiliki kerutinan malas - malasan, mengakhirkan penerapannya. tetapi
udahlah, tinggal 6 hari itu.

2 hari jalur, tidak terjalin apa - apa. kian percaya aku bahwa anjuran sahabat aku ini tidak berguna.

tetapi pada hari ketiga, hp berdering. dari asisten pak a, " mas, mohon maaf terlebih dahulu. namun pak a belum dapat ketemu hari senin esok. terdapat rapat tiba - tiba dengan direksi. aku belum ketahui kapan dapat ketemunya, nantinya aku kabari lagi. "

di ujung telepon


aku ternganga, bukannya jadual aku kian tertib itu jadi terdapat mungkin di - cancel. kian jauh logika aku miliki solusinya, namun apa energi. karna bimbang, aku pula senantiasa melanjutkan sholat aku setimpal sama jadualnya.

di hari selanjutnya, ponsel aku berdering berulang. dari sekretaris pak b.

" mas, mudah - mudahan belum beli ticket ya? pak b tampaknya terdapat jadual general check up rabu depan jadinya tidak mampu ketemu. tadi ayah nanya dapat tidak ketemu jumat aja, jamnya ngikut mas. "

yang itu aku bener - bener kaget. jumat? kan bareng harinya ama bu c? aku pula menyahut, " o iya, tidak apa - apa pak. jumat pagi gitu, jam 9 dapat ya? "

dari seberang situ ia menanggapi, " ok mas, nanti aku bagikan. "

syeep, batin aku berteriak suka. belum lenyap kerasa kaget aku, ponsel aku berbunyi lagi. satu sms masuk, bunyinya :

" mas, pak a memohon ketemuannya hari jumat sehabis jumatan. jam 13. 30. diupayakan ya mas, tidak lama kok. 1 jam cukup. "

aku terus menjadi heran! tidak terdapat campur tangan aku sekalipun, ini jadual membikin pribadinya. jadilah aku berangkat kamis malam, ketemu 3 orang di hari jumat dan juga jumat malem dapat balik ke jogja tanpa menginap!

aku sujud sesujud - sujudnya. keajaiban tipe begini takkan dapat didapat dari seven habits - nya stephen covey, tidak pula dari eight habbits. cuma allah yang kuasa mengendalikan seluruhnya satu perihal dari arsy - nya situ.

sampai aku meyakin satu perihal yang hingga dikala ini aku upayakan senantiasa jalani : dahulukan jadual waktumu buat tuhan jadi tuhan hendak mengendalikan jadual hidup kamu sebaik - baiknya.

karna aku muslim, aku coba konfirmasikan itu ke sebagian rekan non muslim dan juga mereka menyetujuinya.

apabila dalam kehidupan itu kita mengutamakan tuhan, jadi tuhan hendak melindungi benar hidup kita.

tuhan ini simaklah perlakuan kita padanya, terus menjadi disiplin kita menyambut - nya, terus menjadi bereslah jadual hidup kita.

jadi, kunci sukses usaha ke - 3 yang aku dapat berbagi ke sahabat : sholatlah cocok waktu, upayakan jamaah.

apabila mau lebih top, tambahin sholat sunnahnya : qobliyah, bakdiyah, tahajjud, dhuha, sedapatnya.

silahkan dipraktekkan, insya allah jadual kehidupan kita (baik usaha, keluarga maupun personal) hendak aman dijalani.

sampai hari itu, aku belum sempat berdoa lagi buat berikan 24 jam satu hari jadi lebih banyak jamnya. 24 jam satu hari ini sudah cukup, apabila kita tidak hanya mengandalkan logika buat mengaturnya. tidak kemrungsung, tidak cepat - cepat namun tanggung jawab terjalani dengan baik.

apabila satu hari aku menciptakan jadual aku berulang berhamburan, banyak tabrakan waktunya ataupun tidak jelas karna menunggu konfirmasi begitu lama : selekasnya aku cermat jadual sholat aku.

tentu disitulah perkaranya dan juga aku wajib lekas beresin sampai jadual aku hendak tertib lagi sebaik - baiknya. serupa bebrapa sahabat sekaligus, istiqomah dengan kata lain berkepanjangan melangsungkan itu tentu banyak godaannya.

namun apabila tidak gunakan godaan, tentu seluruh orang hendak sukses dong. jadi benar wajib tough, kokoh menjalaninya, janganlah malas, janganlah cengeng.

- m. arief budiman -





[sumber: googlealami.blogspot.co.id ]

Baca Juga

PERBAIKI JADWAL SHOLATMU, SEBELUM ALLAH ATUR JADWAL HIDUPMU
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan