Selasa, 21 Juni 2016

Zainab Binti Muhammad Kisah Cinta Beda Agama Putri Rasulullah SAW

bila ditanya tentang cerita cinta amat inspiratif dalam islam, seluruh orang tentu hendak menanggapi cerita cinta yusuf dan juga zulaikha, muhammad saw dan juga khadijah, ataupun fathimah dan juga ali bin abi thalib. cerita ketiga pendamping ini senantiasa disebut - sebut dalam banyak tulisan.

zulaikha yang amat menyayangi yusuf sepanjang bertahun - tahun, muhammad saw yang senantiasa bersedia menikahi khadijah walaupun jauh lebih tua darinya, dan juga fathimah dan juga ali yang diam - diam silih menyayangi. memandang gimana mereka kesimpulannya dipersatukan dalam jalinan perkawinan, mejadikan kita siuman betapa kuasa allah membikin skenario indah buat tiap hamba - nya di wajah di bumi ini.



tetapi mengerti kah, di antara 3 cerita tadi, masih terdapat satu cerita cinta lagi yang tidak kalah menariknya? cerita yang mengabarkan pada kita, kalau cinta itu bukan memaksakan kehendak. kita tidak sempat dilarang buat menyayangi, tetapi dikala datang masanya buat memilah antara cinta dan juga allah, kita tidak hendak memiliki jawaban lain tidak hanya senantiasa setia pada allah. muslim yang baik tentu hendak menempatkan allah di mahligai paling atas dalam hatinya, sampai apabila segala manusia di wajah bumi ini benci padanya, itu tidak hendak jadi permasalahan selagi cinta allah senantiasa mengucur deras untuknya.

inilah inti cerita cinta kali ini, ialah cerita cinta gadis rasulullah, zainab, dan juga seseorang pemuda qurays bernama abil ash bin rabi. inilah cerita cinta yang terjalin antara seseorang muslimah dan juga seseorang non muslim. cerita yang insyaallah hendak jadi pembelajaran untuk kita seluruh.

abil ash, pemuda qurays yang telah mencuri hati zainab

zainab dilahirkan dikala nabi berumur 30 tahun. kala menggapai umur pernikahan, halah binti khuwailid meminang zainab buat puteranya, abil ash bin rabi, seseorang lelaki mulia dengan kekayaan yang melim­pah. halah binti khuwailid seorang diri merupakan kerabat wanita khadijah binti khuwailid.

khadijah pula telah yang mengurus abil ash serupa anak kandung seorang diri sampai - sampai dia diijinkan keluar masuk rumah rasulullah serupa rumah seorang diri. karna itu, semenjak kecil dia berteman dengan zainab puteri rasulullah serupa kerabat kandung seorang diri. zainab amat bahagia mendengar cerita perjalanannya dan juga cerita lain yang menarik.

karna seperti itu pinangan abil ash diterima zainab dengan suka cita, pula rasulullah dan juga khadijah. perkawinan kesimpulannya diselenggarakan. segala penjuru makkah berbahagia atas bersatunya pendamping yang serasi ini.

usai acara perkawinan, khadijah berangkat menemui kedua suami isteri yang silih menyayangi itu dan juga mendoakan supaya keduanya memperoleh berkah. setelah itu ia melepas kalungnya dan juga menggantungkannya ke leher zainab bagaikan hadiah. semenjak itu zainab tinggal di rumah suaminya.

islam jadi anugerah sekalian tes untuk zainab

zainab dan juga abil ash benar senantiasa hidup dalam keharmonisan, tetapi pernikahan itu berlangsung saat sebelum turun wahyu kepada rasulullah saw. kala islam tiba, zainab juga tanpa ragu langsung beriman. hendak namun abil ash tidak gampang meninggalkan agamanya. hingga kedua suami isteri itu terasa kalau kekokohan yang lebih kokoh dari cinta mereka berupaya memisahkan antara keduanya.


" tidak hendak tercapai tujuan di antara kita, wahai zainab, kecuali engkau senantiasa dalam agamamu dan juga saya senantiasa dalam agamaku. demi tuhan, ayahmu tidaklah seseorang yang tertuduh. namun saya tidak mau di­katakan kalau saya meninggalkan kaumku, dan juga jadi kafir mengingkari agama nenek moyangku cuma demi mengasyikkan isteri. ” ucap abil ash dikala baru aja kembali dari perniagaan.


pendamping suami isteri itu terdiam sebentar sembari merenung. keduanya kaget tatkala mendengar suatu bisikan, " bila agama memisahkan antara kedua jasad mereka, hingga cinta mereka hendak senantiasa terdapat sampai keduanya dipersatukan oleh suatu agama. "


note: zainab masih terus tinggal di makkah berbarengan suaminya karna pada dikala itu belum terdapat larangan perkawinan beda agama. mereka baru berpisah sehabis kepulangan abil ash (pasca jadi tawanan perang badr) karna telah turun qs al - mumtahanah 60: 10 dan juga al - baqarah 2: 221 yang melarang perempuan muslimah hidup berbarengan bagaikan suami istri dengan laki - laki kafir.



zainab dan juga kalung buat menebus si suami

hari berganti, tibalah saatnya rasulullah buat hijrah ke madinah. betapa sedihnya zainab karna dia tidak dapat menjajaki si bapak berhijrah, karna si suami ataupun keluarganya tidak mengijinkan. sampai perang badr berkecamuk, zainab merupakan salah satunya muslimah yang tinggal berbarengan kafir qurays di makkah.

dikala pasukan kafir qurays dan juga muslim berjumpa di lembah badr, abil ash menggambarkan salah satu orang yang berposisi dalam barisan kafir qurays. dia mmerangi pasukan yang dipandu oleh mertuanya seorang diri. sampai kesimpulannya sejarah mencatat, pasukan muslim yang kalah jumlah itu sukses memenangi peperangan.

tidak sedikit dari kafir qurays yang ketiadaan nyawa, sebaliknya sisanya jadi tawanan. abil ash masuk dalam catatan tawanan. dia digiring mengarah kota madinah. keluarga para tawanan di makkah juga berbondong - bondong mengirimkan tebusan pada rasulullah, salah satunya tiba dari zainab. dia mengirimkan suatu kalung pemberian si bunda buat menebus suaminya.

mengingat putrinya dan juga kalung itu, hati rasulullah gerimis. seketika muka khadijah muncul di depan matanya. rasulullah tidak hingga hati. dia mengatakan, " bila kamu tidak keberatan membebaskan tawanan (abil ash) dan juga mengembalikan harta miliknya, hingga lakukanlah. " mereka menanggapi, " baiklah, wahai rasulullah. "

abil ash juga dibebaskan. dikala seperti itu dia berjanji pada si mertua buat melepaskan zainab dan juga mengembalikan kepada dia di madinah. abil ash juga kembali ke makkah berbarengan kalung yang tadi dikirimkan si istri. saat ini dia ketahui betapa cinta dan juga kesetiaan zainab tidak sempat menurun untuknya, walaupun agama jadi tembok pemisahnya.

jarak makkah dan juga madinah tidak sanggup menghapus cinta di hati keduanya

begitu hingga di rumah, abil ash mengucapkan terimakasih pada si istri. dia juga mengatakan, " kembalilah kepada ayahmu, wahai zainab. " ucapnya sembari berupaya berbesar hati.

pada hari yang telah diresmikan, zaid bin haritsah berbarengan seseorang lelaki anshor diutus rasulullah buat menjemput fatimah di pinggiran dusun di luar kota makkah.

abil ash tidak kuasa menahan tangisnya dikala melepas kepergian si istri. gimana ia sanggup membebaskan orang yang dicintainya, lagi ia mengenali kalau, itu menggambarkan perpisahan terakhir sepanjang kekuasaan agama ini berdiri di antara kedua hati dan juga tiap - tiap berpegang pada agamanya. yang buatnya lebih berkecil hati lagi, dia tidak dapat membawakan zainab keluar kota makkah karna kondisi pasca perang dikala itu.

abil ash juga mengutus saudaranya, kinanah bin rabi, buat membawakan zainab. dia berpesan,

" hai, saudaraku, tentulah engkau mengenali peran zainab dalam jiwaku. saya tidak menginginkan seseorang perempuan quraisy yang menemaninya keluar kota makkah, dan juga engkau tentu ketahui kalau saya tidak mampu membiarkannya berjalan sendirian. hingga temanilah ia mengarah tepi dusun, di mana telah menungggu 2 utusan muhammad. perlakukanlah ia dengan lemah lembut dalam ekspedisi dan juga perhatikanlah ia sebagaimana engkau mencermati wanita - wanita terpelihara. lindungilah ia dengan panahmu sampai anak panah yang penghabisan. "

warnanya ekspedisi kinanah bawa zainab bukanlah berjalan lembut, karna kafir qurays senantiasa membatasi. kala zainab berposisi di punggung unta, hubar bin aswad al - asadi menusuk pe­rut unta dengan lembing, sampai zainab terlempar jatuh dan juga keluarkan darah. janinnya telah gugur di atas gurun pasir. tetapi ketabahan dan juga kemantapan hatinya yang dilandasi iman dan islam, membikin keberaniannya se­makin membara, sampai senantiasa mantap hijrah ke madinah. sehabis melewati sebagian hambatan, kinanah sukses bawa zainab pada waktu malam, kemudian menyerahkannya kepada zaid bin haritsah dan juga temannya. keduanya berangkat membawakan zainab kepada rasulullah saw.

berpisahlah zainab dengan suami tercinta dan juga kedua buah hatinya. cinta abil ash dan juga zainab betul - betul diuji. tidak terdapat lagi jalur buat berjumpa. abil ash senantiasa tinggal di makkah. dia senantiasa sedih hati dan juga menyendiri karna si belahan jiwa tidak lagi terdapat di sisinya. zainab juga tinggal di madinah berbarengan si bapak. dia jadi kerap sakit - sakitan karna cinta dan juga kerinduan yang amat dalam. bahwa aja bukan karna iman dan juga takwa yang memantapkan tekadnya, tentu dia hendak senantiasa berbarengan abil ash sampai ajal yang memisahkan.

senantiasa terdapat jalur untuk allah buat mempersatukan 2 anak manusia

minggu berganti bulan, dan juga bulan berganti tahun. sesuatu hari abil ash keluar berbarengan kafilah dagangnya mengarah syam. dikala ekspedisi kembali ia berjumpa pasukan rasulullah saw yang sukses merampas hartanya, syukur mereka tidak membunuhnya. saat ini abil ash tidak memiliki apa - apa lagi. bukan hartanya aja yang ludes, melainkan pula harta yang dititipkan orang - orang padanya. gimana dia dapat mampu berulang ke makkah?

di tengah keputus asaan itu, abil ash teringat zainab, perempuan yang begitu menyayangi dan juga setia padanya. hingga diputuskan pada sesuatu malam abil ash merambah madinah dengan sembunyi - sembunyi. dia sukses berjumpa zainab dan juga lekas mengemukakan iktikad kedatangannys, kalau dia mau memohon dorongan zainab buat melindunginya, dan juga bila dapat, dia pula berharap hartanya dapat dipulangkan.

cinta di hati zainab masih tersimpan apik buat abil ash, karna itu pula dia bersedia melindungi lelaki tersebut. kala warga madinah mengenali keberadaan abil ash di masjid, mereka lekas berkerumun dan juga bernazar buat menangkapnya. tetapi setelah itu zainab berseru, " hai, orang - orang, saya telah melindungi abil ash bin rabi. ia dalam lindungan dan juga jaminanku. "

rasulullah saw yang lagi shalat menuntaskan shalatnya, dia lekas menemui orang banyak dan juga bersabda : " wahai, orang - orang, apakah kamu tidak mendengar apa yang saya dengar? sebetulnya serendah - rendah seseorang muslim, mereka senantiasa mampu berikan proteksi. " setelah itu dia masuk menemui puterinya. zainab mengatakan, “ya rasulullah, sebetulnya bila abil ash ini dikira keluarga dekat, dia masih putera paman. bila dikira jauh, dia ayah dari anakku, dan juga saya telah melindunginya. ”

rasulullah setelah itu berpesan, " wahai, puteriku, muliakanlah tempatnya dan juga jangan hingga ia menyentuhmu, karna engkau tidak halal menurutnya sepanjang ia masih musyrik. " walaupun begitu, nabi saw senantiasa terkesan memandang kesetiaan puterinya kepada suami yang ditinggalkan.

pendek cerita bersumber pada permohonan secara halus rasulullah saw, harta abil ash dapat dipulangkan. sebagian orang di antara par perampas mengatakan " hai, abil ash, maukah engkau masuk islam dan juga mengambil harta barang ini, karna seluruh ini kepunyaan orang - orang musyrik? "

mengerti kah apa yang dijawab abil ash? dia mengatakan, " begitu kurang baik dini islamku, bila saya mengkhianati amanat yang dipercayakan padaku. " tetapi dikala itu benih - benih iman sudah berkembang produktif di hatinya.

mereka juga senantiasa mengembalikan harta itu kepada abil ash demi kemuliaan rasulullah saw dan juga bagaikan penghormatan kepada zainab. pria itu juga berulang ke mekkah dengan bawa hartanya dan juga harta orang banyak yang telah diamanahkan padanya.

sehabis mengembalikan harta kepada pemiliknya tiap - tiap, abil ash berdiri dan juga mengatakan, " wahai, kalangan quraisy, apakah masih terdapat harta seorang di antara kamu padaku? " mereka menanggapi, " tidak. mudah - mudahan allah membalasmu dengan kebaikan. kami telah mengalami kalian seseorang yang jujur dan juga mulia. "

abil ash mengatakan,

" saya bersaksi kalau tiada tuhan tidak hanya allah dan juga kalau muhammad merupakan hamba dan juga rasul - nya. demi allah, tiada yang membatasi saya masuk islam di hadapan muhammad saw, kecuali karna saya takut mereka menyangka saya mau makan harta kamu. sehabis allah menyampaikannya kepada kamu dan juga saya tuntas membagikannya, hingga saya masuk islam. "

kesimpulannya allah menampilkan skenarionya yang begitu indah buat zainab dan juga abil ash. keluarga yang sempat berpisah sepanjang 6 tahun itu kesimpulannya berulang bersatu dalam satu atap rumah tangga berbarengan kanak - kanak mereka. mereka saat ini tinggal dalam satu atap, satu iman dan juga satu perjuangan dalam islam.

sayang, atmosfer senang itu tidak berlangsung lama. zainab wafat mendahului suaminya, setahun sehabis berulang berkumpul dalam satu atap rumah tangga dengan suaminya. zainab wafat dunia pada tahun 8 hijriah dan juga rasulullah saw amat berkecil hati atas kepergiannya. rasulallah saw seorang diri turun ke dalam kuburan di dikala pemakaman.

zainab wafat dunia sehabis meninggalkan kenangan tersadu. ia telah jadi contoh tersadu dalam perihal kesetiaan isteri, keikhlasan cinta dan juga kebenaran iman. bukanlah mengherankan apabila suaminya mengatakan dalam sesuatu ekspedisi ke syam, " puteri al - amiin, mudah - mudahan allah membalasnya dengan kebaikan dan juga tiap suami hendak menyanjung setimpal dengan yang diketahuinya. " rasulallah saw bersabda menimpa zainab, “sesungguhnya dia merupakan sebaik baiknya anakku dalam menerima bencana. ”

epilog

begitulah teman muslimah, betapa maha kuasanya allah. bila ia sudah berkehendak, tidak terdapat satu perihal juga yang dapat membatasi. cinta zainab dan juga abil ash sebaiknya dapat kita peruntukan pembelajaran tentang gimana menyayangi yang benar. dikala ini banyak sekali kita dengar muslim yang menggadaikan imannya demi menikahi seorang yang tidak seiman, ataupun terdapat pula yang memilah perkawinan dengan dalih ‘untukmu agamamu, dan juga untukku agamaku’.

harusnya cerita zainab jadi peringatakan keras untuk kita kalau islam melarang perkawinan beda kepercayaan. perkawinan serupa itu bernilai zina sejauh waktu. andai ayat ‘untukmu agamamu, dan juga untukku agamaku’ berlaku dalam perkawinan, tentu zainab tidak sempat berpisah dengan abil ash sampai 6 tahun lamanya.

jangan perkenankan kita jadi budak cinta, karna sebetulnya syaitan bahagia sekali menggunakan cinta di hati kita. ingatlah cinta kepada manusia tidak terdapat yang abadi apabila tidak berlandaskan pada allah, sedangkan cinta kepada allah hendak terus dibawa sampai di kehidupan setelah itu.


dilansir dari: http: //www. sunnah. org/ , tokoh - tokoh perempuan di dekat rasulullah saw karangan muhammad ibrahim saliim, dan juga fp pesan teman buat teman/






(sumber; sunnah. org)

Baca Juga

Zainab Binti Muhammad Kisah Cinta Beda Agama Putri Rasulullah SAW
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan