Minggu, 03 Juli 2016

Hati-hati Dengan Tanda Hitam di Jidat Karena Shalat,, Sebab Itu Adalah...

perbanyaklah sujud tetapi jagalah wajahmu biar senantiasa nampak bagus dan juga jauhi timbulnya ciri gelap di dahi ataupun jidatmu karna dikhawatirkan mencuat riya’, ujub (bangga diri) dan juga kesombongan…..


apabila trik sujud benar, hingga tidak hendak memburukkan muka melainkan kebalikannya, jadi bercahaya dan juga berseri - seri. ada juga bila jidat jadi ‘kapalan’ hingga maksudnya wajib membetulkan gerakan shalat. karena yang jadi penopang utama merupakan kedua tangan, dikala sujud, bukan kepala.

abdullah bin umar bin khattab ra. salah seseorang shahabat terkemuka tidak menggemari terdapatnya sisa gelap di dahi seseorang muslim.

عَنْ سَالِمٍ أَبِى النَّضْرِ قَالَ : جَاءَ رَجُلٌ إِلَى ابْنِ عُمَرَ فَسَلَّمَ عَلَيْهِ قَالَ : مَنْ أَنْتَ؟ قَالَ : أَنَا حَاضِنُكَ فُلاَنٌ. وَرَأَى بَيْنَ عَيْنَيْهِ سَجْدَةً سَوْدَاءَ فَقَالَ : مَا هَذَا الأَثَرُ بَيْنَ عَيْنَيْكَ؟ فَقَدْ صَحِبْتُ
رَسُولَ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - وَأَبَا بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُمْ فَهَلْ تَرَى هَا هُنَا مِنْ شَىْءٍ؟

dari salim abu nadhr, terdapat seseorang yang tiba menemui ibnu umar. sehabis orang tersebut mengucapkan salam, ibnu umar bertanya kepadanya, “siapakah kamu? ”. “aku merupakan anak asuhmu”, jawab orang tersebut. ibnu umar memandang terdapat sisa sujud yang bercorak gelap di antara kedua matanya. dia mengatakan kepadanya, “bekas apa yang terdapat di antara kedua matamu? begitu saya telah lama bershahabat dengan rasulullah, abu bakr, umar dan juga utsman. apakah kau amati terdapat sisa tersebut pada dahiku? ” (riwayat baihaqi dalam sunan kubro nomor 3698)


عَنِ ابْنِ عُمَرَ : أَنَّهُ رَأَى أَثَرًا فَقَالَ : يَا عَبْدَ اللَّهِ إِنَّ صُورَةَ الرَّجُلِ وَجْهُهُ ، فَلاَ تَشِنْ صُورَتَكَ.

dari ibnu umar, dia memandang terdapat seseorang yang pada dahinya ada sisa sujud. ibnu umar mengatakan, “wahai hamba allah, sebetulnya penampilan seorang itu terletak pada mukanya. janganlah kau jelekkan penampilanmu! ” (riwayat baihaqi dalam sunan kubro nomor 3699).

عَنْ أَبِى عَوْنٍ قَالَ : رَأَى أَبُو الدَّرْدَاءِ امْرَأَةً بِوَجْهِهَا أَثَرٌ مِثْلُ ثَفِنَةِ الْعَنْزِ ، فَقَالَ : لَوْ لَمْ يَكُنْ هَذَا بِوَجْهِكِ كَانَ خَيْرًا لَكِ.

dari abi aun, abu darda’ memandang seseorang wanita yang pada mukanya ada ‘kapal’ misalnya ‘kapal’ yang terdapat pada seekor kambing. dia lalu mengatakan, ‘seandainya sisa itu tidak terdapat pada dirimu tentu lebih baik” (riwayat bahaqi dalam sunan kubro nomor 3700).





(source: tausiah-pedia.blogspot.com)

Baca Juga

Hati-hati Dengan Tanda Hitam di Jidat Karena Shalat,, Sebab Itu Adalah...
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan