Sabtu, 09 Juli 2016

Ini Alasan Mengapa Umat Islam Dianjurkan Menikah Pada Bulan Syawal

 pada bulan syawal, umat islam diajarkan buat melakukan puasa syawal sepanjang 6 hari buat memperoleh kebaikan sepanjang 1 tahun. tetapi tidak cuma itu aja, karna bulan syawal jadi bulan yang diajarkan buat menikah dan juga tercantum dalam sunnah nabi.

dalil yang menguatkan anjuran tersebut merupakan ada dalam hadist dari aisyah radhiyallahu anha yang menggambarkan:

“rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menikahiku di bulan syawal dan juga membangun rumah tangga denganku pada bulan syawal pula. hingga istri - istri rasulullah yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku? ” (perawi) mengatakan, “aisyah dulu suka menikahkan para perempuan di bulan syawal. ” (hr muslim)

ada juga sebab rasulullah menikahi aisyah pada bulan syawal merupakan guna menepis asumsi warga jahiliyah dulu kalau menikah di bulan syawal mengundang kesialan dan juga tidak berkah. karna yang memastikan keberkahan ataupun tidaknya hidup cuma allah semata dan juga bukan karna hari ataupun bulan tertentu.

warga jahiliyah menyangka sial menikah di bulan syawal karna dahulunya di bulan itu unta betina mengangkut ekornya bagaikan tanda - tanda enggan buat menikah dan juga melarang unta jantan buat mendekat. karenanya perempuan juga wajib menolak kala dinikahi pada bulan tersebut.

perihal ini telah dipaparkan oleh ibnu katsir dalam angkatan laut (AL) bidayah wan nihayah dengan perkataan:

“rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menikahi aisyah buat membantah kepercayaan yang salah sebagian warga ialah tidak suka menikah diantara 2 ied (bulan syawal tercantum diantara idul fitri dan juga adha) , mereka takut hendak terjalin perceraian. kepercayaan ini bukanlah benar. ”

bermacam ulama serupa imam nawawi juga berkata kalau hadist tersebut amat jelas menampilkan anjuran melakukan perkawinan dan juga membangun rumah tangga pada bulan syawal. anjuran itu juga telah menghapus pemikiran warga jahiliyah yang mengartikan bulan syawal bagaikan bulan ketidakberuntungan.

mudah - mudahan umat islam tidak menjajaki tradisi warga universal yang tidak mempunyai dasar hukum dalam angkatan laut (AL) qur’an dan juga assunnah. wallahu a’lam




(sumber: kabarmakkah_com)

Baca Juga

Ini Alasan Mengapa Umat Islam Dianjurkan Menikah Pada Bulan Syawal
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan