Senin, 04 Juli 2016

Jangan Ucapkan Minal Aidin Wal Faizin, Ini Ucapan Selamat Idul Fitri yang Benar!

menjelang hari raya idul fitri ataupun setelahnya. kalangan muslimin di indonesia sudah terbiasa mengirim perkataan minal aidin wal faizin yang setelah itu disambungkan dengan kalimat mohon maaf lahir dan juga batin. seolah - olah minal aidin wal faizin maksudnya mohon maaf lahir dan juga batin.

jangan galat kasih perkataan minal aidin wal faizin, ini perkataan lebaran yang benar!


entah darimana asal muasal perkataan ini, tetapi sesungguhnya secara harfiah minal aidin wal faizin berarti mudah - mudahan kamu tercantum orang - orang yang berulang dan juga tercantum orang yang beruntung.

di arab seorang diri, perkataan minal aidin wal faizin tidak sempat didengar. terlebih lagi tidak terdapat hadits ataupun ayat yang menarangkan tentang kesunnahan melafadzkan perkataan minal aidin wal faizin.

kebalikannya rasulullah dan juga para teman - temannya kala lebaran tetap mengucapkan kalimat taqabbalallahu minna wa minkum.

riwayat yang menarangkan perkataan taqabbalallahu minna wa minkum ini dituturkan oleh ibnu ziyad. dia menggambarkan peristiwa kala berbarengan abu umamah al - bahili dan juga yang lain dari teman rasulullah saw.

syahdan, sepulang dari shalat id, mereka silih berkata,

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ

imam ahmad menarangkan, sanad hadits abu umamah ini jayyid.

ali bin tsabit berujar,

سألت مالك بن أنس منذ خمس وثلاثين سنة وقال: لم يزل يعرف هذا بالمدينة

" saya bertanya pada malik bin anas semenjak 35 tahun. ia menanggapi, perihal (perkataan) ini senantiasa ditradisikan di madinah. "

dalam sunan al - baihaqi disebutkan,

عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ قَالَ: لَقِيتُ وَاثِلَةَ بْنَ الأَسْقَعِ فِي يَوْمِ عِيدٍ فَقُلْتُ: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ، فَقَالَ: نَعَمْ تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ، قَالَ وَاثِلَةُ: لَقِيتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَوْمَ عِيدٍ فَقُلْتُ: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ، فَقَالَ: نَعَمْ تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ

diriwayatkan dari khalid bin madan, dia mengatakan, " saya berjumpa watsilah bin asqa pada hari raya. saya katakan padanya: taqabbalallahu minna wa minka. watsilah menjawab, saya sempat berjumpa rasulullah saw pada hari raya, lalu saya katakan taqabbalallahu minna wa minka. dia menanggapi, ya, taqabbalallahu minna wa minka. "

kedua riwayat ini membagikan benang merah, perkataan taqabbalallahu minna wa minka menggambarkan teks yang disyariatkan (masyru) dan juga hukum mengucapkannya sunnah.

oleh karenanya, perkataan lebaran minal aidin wa faizin aja sesungguhnya kurang pas bila diungkapkan buat memohon maaf, karna makna minal aidin wal faizin bukan permintaan maaf.

hendaknya bila mau memohon maaf cukup dengan mengucapkan " mohon maaf lahir batin " , lebih afdhol lagi bila dimulai dengan berdoa serupa hadits diatas.

" taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum, taqabbal ya karim, jaalanallahu waiyyakum minal aidin wal faizin, aamiin " ,

baru setelah itu mohon maaf lahir batin, komplit banget dah.






(sumber: kabarmakkah.com)

Baca Juga

Jangan Ucapkan Minal Aidin Wal Faizin, Ini Ucapan Selamat Idul Fitri yang Benar!
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan