Senin, 04 Juli 2016

Sebelum Berangkat Sholat Ied, Perhatikan Hal-Hal Yang Disunnahkan Ini

hari raya ied baik idul fitri ataupun idul adha merupakan 2 hari raya yang senantiasa dinanti nantikan oleh umat islam sejagat. kala menjumpai hari raya lebaran, baik idul fitri ataupun idul adha kalangan muslimin disunnahkan buat melakukan shalat id.

tetapi, saat sebelum kamu berangkat ke masjid ataupun ke lapangan buat melakukan sholat id, terdapat baiknya bila kamu mengenali sebagian perihal yang di sunnah kan saat sebelum melaksanakannya. antara lain merupakan bagaikan berikut.

sunnah saat sebelum shalat id
umat islam aceh lagi mencermati khutbah id di masjid raya baiturrahman


1. mandi saat sebelum berangkat buat sholat id

ada riwayat shahih dalam kitab al - muwattho dan juga yang lain kalau ibnu umar mandi pada hari id saat sebelum berangkat ke tempat sholat. imam an - nawawi mengatakan kalau jumhur ulama setuju tentang kesunnahan mandi saat sebelum berangkat buat melakukan shalat id.

sebab yang jadi karena disunnahkannya mandi pada hari jumat dan juga ataupun peluang yang lain dikala kalangan muslimin berkumpul secara universal, pula ada pada shalat id, terlebih lagi boleh jadi pada shalat id sebab itu lebih kokoh.

2. makan saat sebelum shalat id pada idul fitri, dan juga sesudahnya pada hari idul adha

tercantum sunnah di hari idul fitri, tidak berangkat sholat id saat sebelum memakan sebagian butir kurma, sebagaimana diriwayatkan oleh imam bukhari dari teman anas bin malik, ia mengatakan, merupakan rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tidak berangkat pada hari idul fitri saat sebelum memakan sebagian butir kurma, dan juga ia memakannya dengan jumlah ganjil. " (hr. bukhari)

bila tidak terdapat kurma, sebaiknya ia makan suatu yang dibolehkan buat mengisi perut saat sebelum melakukan shalat id.

ada juga pada idul adha, hingga yang disunnahkan merupakan tidak makan saat sebelum berulang dari shalat id. sebaiknya ia makan dari hewan kurbannya bila ia menyembelih hewan kurban, bila ia tidak mempunyai hewan kurban, hingga tidak kenapa ia makan saat sebelum shalat id.

3. bertakbir di hari id.

perihal ini tercantum sunnah yang agung pada hari id, bersumber pada firman allah taala,

" dan juga hendaklah kalian mencukupkan bilangannya dan juga hendaklah kalian mengagungkan allah atas petunjuk - nya yang dikasih kepadamu, biar kalian bersyukur. " (qs. al - baqarah: 185)

dari walid bin muslim ia mengatakan, saya bertanya kepada al - auzai dan juga malik bin anas tentang mengeraskan takbir pada 2 hari raya. mereka berdua menanggapi, ya, dulu ibnu umar mengeraskan takbir pada hari idul fitri sampai imam tiba. "

ada riwayat shahih dari abu abdurrahman as - silmi, ia mengatakan, mereka para hari idul fitri lebih keras dibandingkan idul adha) waki mengatakan, yang diartikan (keras) merupakan bertakbir. (amati irwaul ghalil 3/122)

baca pula: teks takbir idul fitri


sebaliknya imam daruquthni meriwayatkan kalau ibnu umar apabila berangkat buat shaat idul fitri dan juga idul adha, bersungguh - sungguh buat bertakbir sampai datang ke tempat shalat, setelah itu ia terus bertakbir sampai imam tiba.

ibnu abi syaibah meriwayatkan dengan sanad yang shahih dari az - zuhri, ia mengatakan, orang - orang bertakbir pada hari id sampai mereka keluar dari rumah - rumah mereka sampai kala mereka menghadiri tempat shalat dan juga sampai imam tiba. apabila imam telah tiba, mereka seluruh diam, bila imam bertakbir, merekapun bertakbir.

ibnu syihab az - zuhri rahimahullah mengatakan, dulu orang - orang bertakbir semenjak mereka keluar dari rumah - rumah mereka sampai datangnya imam (ke tempat sholat buat mengawali shalat).

waktu takbir dalam shalat idul fitri diawali semenjak malam id sampai imam masuk (ke tempat shalat) buat melaksanakan shalat id.

ada juga dalam idul adha, hingga takbir diawali semenjak hari kesatu dzulhijjah sampai matahari terbenam pada akhir hari tasyrik.

tata trik takbir

ada dalam mushannaf ibnu abi syaibah dengan sanad yang shahih dari ibnu masud radhiallahu anhu, kalau ia bertakbir pada hari - hari tasyrik (dengan redaksi berikut) ;

الله أكبر الله أكبر لا إله إلا الله والله أكبر الله أكبر ولله الحمد

allah maha besar, allah maha besar, tiada tuhan yang disembah tidak hanya allah, allah maha besar, menurutnya seluruh puji.

ibnu abi syaibah pula meriwayatkan lagi dengan redaksi yang sama, cuma aja takbirnya jadi 3 kali.

al - mahamili meriwayatkan dengan sanad yang shahih pula dari ibnu masud (redaksi berikut) ;

الله أكبر كبيراً الله أكبر كبيراً الله أكبر وأجلّ ، الله أكبر ولله الحمد

allah maha besar, allahu maha besar, allah maha besar dan juga agung, allah maha besar, menurutnya seluruh puji. (amati irwaul ghalil, 3/126)

4. perkataan selamat

tercantum adab pada hari id merupakan silih membagikan perkataan selamat yang baik satu sama lain, whatever redaksinya. serupa ungkapan, taqabbalallahu minna wa minkum, ataupun, idun mubarak, ataupun yang semisalnya dalam bermacam wujud redaksi yang dibolehkan.

dari jubair bin nafir, ia mengatakan, para shahabat rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, apabila berjumpa pada hari id, mereka satu sama lain silih mengucapkan, taqabbalallahu minna wa minka. ibnu hajar mengatakan, sanadnya hasan (fathul bari, 2/446)

pemberian perkataan selamat sudah diketahui di golongan para shahabat, karenanya para ulama membagikan keringanan dalam perihal ini, serupa imam ahmad dan juga yang lain. ada riwayat yang menampilkan disyariatkannya perkataan selamat pada moment - moment tertentu, dan juga pula aksi para shahabat yang membagikan perkataan selamat kala memperoleh suatu yang membahagiakan, serupa diterimanya taubat seorang oleh allah taala terhadap sesuatu masalah, kemudian mereka berdiri buat membagikan perkataan selamat karna itu. adapula riwayat yang lain.

tidak diragukan lagi kalau perkataan selamat tercantum kemuliaan akhlak dan juga fenomena sosial yang baik di golongan kalangan muslimin.

5. berhias pada 2 hari id

ibnu umar mengatakan, umar radhiallahu anhu mengambil (membeli) suatu jubah dari sutera yang dijual di pasar, kemudian ia menghadiri rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, setelah itu mengatakan, wahai rasulullah, belilah ini dan juga berhiaslah dengannya buat hari raya dan juga menyongsong tamu. hingga rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, " sebetulnya ini merupakan baju orang yang tidak memperoleh penggalan (di hari kiamat) " (hr. bukhori)

rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menyetujui aksi umar buat berhias pada hari id, hendak namun yang ia ingkari merupakan membeli pakaian tersebut, karna dibuat dari sutera.

dari jabir radhialahu anhu, ia mengatakan, merupakan nabi shallallahu alaihi wa sallam mempunyai baju tertutup yang biasa dia gunakan buat shalat 2 hari raya dan juga hari jumat. (shahih ibnu khuzaimah)

al - baihaqi meriwayatkan dengan sanad yang shahih kalau ibnu umar mengenakan baju yang amat bagus pada hari id.

hingga untuk kalangan muslim yang mau berangkat buat menunaikan sholat id, sebaiknya mengenakan baju yang amat bagus kala berangkat buat sholat id.


6. berangkat ke tempat shalat melalu sesuatu jalur dan juga berulang lewat jalur yang berbeda

dari jabir bin abdillah radhiallahu anhuma, ia mengatakan, nabi shallallahu alaihi wa sallam pada hari id menempuh jalur yang berubah. (hr. bukhari)

terdapat yang berkata kalau hikmah dari perbuatan tersebut merupakan supaya kedua jalur itu jadi saksi mata di hadapan allah pada hari kiamat, karena bumi hendak berdialog pada hari kiamat terhadap kebaikan ataupun keburukan yang dicoba di atasnya.

terdapat pula yang berkomentar, buat menampakan syiar islam pada kedua jalur tersebut. ataupun buat menampakkan zikir kepada allah, ataupun buat memunculkan kerasa gentar terhadap kalangan munafik ataupun orang yahudi dengan banyaknya orang bersamanya, ataupun buat penuhi kebutuhan warga, apakah buat memohon fatwa, mengarahkan ataupun penuhi seluruh kebutuhan, ataupun buat mendatangi saudara dan juga bersilaturahim.

mudah - mudahan informasi tentang sebagian kesunnahan saat sebelum melakukan sholat id ini berguna untuk kamu seluruhnya. wallahualam.






(sumber: kabarmakkah.com)

Baca Juga

Sebelum Berangkat Sholat Ied, Perhatikan Hal-Hal Yang Disunnahkan Ini
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan