Senin, 04 Juli 2016

Terjebak Macet Di Jalan Tol. Keluarga Ini Tetap Laksanakan Sholat Secara Berjamaah

mudik bermacet - macetan tidaklah sebab buat melalaikan ibadah sholat. perihal ini dicoba oleh satu keluarga yang lagi terjebak macet di tol brebes timur.

kemacetan arus mudik sampai 22 km pada ahad (3/7/2016) membikin sebagian pengemudi yang frustasi berupaya ke luar dari tol, melewati jalur yang sesungguhnya diperuntukkan untuk petugas. letih dan juga tekanan pikiran bisa jadi mendatangi perasaan para pengendara. kemauan buat lekas hingga kampung taman, wajib tertahan karna macet.

terjebak macet di jalur tol. keluarga ini senantiasa laksanakan sholat secara berjamaah
terjebak macet di jalur tol. keluarga ini senantiasa laksanakan sholat secara berjamaah

tetapi di tengah kemacetan parah, ada suatu panorama alam luar biasa yang pernah ditangkap kamera beberapa netizen. satu keluarga ini nampak melaksanakan sholat fardhu berjamaah di pinggir jalur tol.

antrean kendaraan roda 4 nampak mengular di sisi kiri mereka. sedangkan 6 orang itu sholat dengan khusyuk di lajur amat kiri tol.

nampak seseorang lelaki jadi imam dalam sholat tersebut.

memandang gambar yang tidak sering dilihat ini, sebagian netizen juga terasa kagum. bermacam - macam pendapat tiba dari netizen.

" subhanallah, " pendapat imam ramadhan.

" macet keseluruhan, amati satu keluarga sholat magrib berjamaah di jalur. barakallahufik, " tulis afina rahma.

" masyaallah, " tambah dewi fitri.

" salut sama kepala keluarganya yang dapat membimbing istri dan juga anak - anaknya buat senantiasa menunaikan sholat harus berjamaah ditengah kemacetan parah.. . mudah - mudahan istiqomah di atas ketaatan dalam bawa keluarga ke surga.. . aaaaminn, " tulis abdul hakim.

" inspiratif sekali.. panorama alam yang amat sangat jarang.. . subhanallah, walhamdulillah.. masih terdapat yang berpegang teguh di jalannya, " tambah enni riyani.

mudah - mudahan jadi inspirasi untuk yang lain.

catatan:

firman allah subhanahu wa taala.

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَى

" peliharalah seluruh shalat (mu) , dan juga (peliharalah) shalat wusthaa. " (qs. angkatan laut (AL) baqarah : 238)

sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam,


عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُود رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: " سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ؟ قَالَ: الصَّلَاةُ عَلَى وَقْتِهَا، قَالَ: ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ: ثُمَّ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ، قَالَ: ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ: الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ

dari ‘abdullah bin mas’uud radliyallaahu ‘anhu, dia mengatakan : saya sempat bertanya kepada nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tentang amal apakah yang amat dicintai oleh allah. dia shallallaahu ‘alaihi wa sallam menanggapi : “shalat pada waktunya”. ibnu mas’uud mengatakan : “lalu apa ? ”. dia menanggapi : “berbuat baik kepada kedua orang tua”. ibnu mas’uud mengatakan : “lalu apa ? ”. dia menanggapi : “jihad di jalur allah”. (hr. bukhori)

butuh dikenal, kalau seseorang musafir disunnahkan buat mengqoshor shalat yang 4 raka’at jadi 2 raka’at kala dia lagi dalam kondisi safar yang syari sampai dia berulang. dan juga ini tidak terdapat permasalahan. ada juga menjama shalat (mencampurkan 2 shalat di satu waktu) , hingga lebih utama menjamak tersebut dicoba kala terdapat hajat ataupun keperluan (maksudnya, kala susah mengerjakan shalat di tiap - tiap waktu aja, pen).

bila kita percaya kalau dapat hingga di tempat tujuan saat sebelum masuk shalat yang selanjutnya, hingga kami katakan kalau yang afdhol menurutnya merupakan tidak menjama shalat. karna dalam keadaan ini dia benar tidak perlu buat menjama shalat.

walaupun demikian, seandainya dia senantiasa menjama sholat dalam keadaan semacam itu, hingga dia tidak harus mengulangi shalatnya tadi kala dia sudah hingga di tempat tujuan. karna kewajibannya merupakan dia sudah membebaskan diri dari kewajiban sholat, ialah dengan ia telah menjamaknya tadi. (liqo’ angkatan laut (AL) bab angkatan laut (AL) maftuh)

dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan kalau tidak tiap seorang melaksanakan safar, hingga dia diwajibkan menjama sekalian mengqoshor sholat. yang lebih pas merupakan, keringanan kala safar asalnya merupakan mengqoshor sholat, ialah meringkas sholat yang 4 raka’at jadi 2 raka’at. sebaliknya menjamak sholat terdapat kala susah mengerjakan sholat di tiap - tiap waktu. wallahu alam.





(sumber: kabarmakkah.com)

Baca Juga

Terjebak Macet Di Jalan Tol. Keluarga Ini Tetap Laksanakan Sholat Secara Berjamaah
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan