Jumat, 11 Desember 2015

Hanya 3 Hal Ini yang Boleh Disembunyikan Istri dari Suami

Kejujuran dan keterbukaan menjadi hal penting dalam menjalani hidup berumah tangga. Kedua hal ini akan menumbuhkan sikap saling percaya  dan berdampak pada keharmonisan dengan pasangan. Jika sudah begini, kehidupan berkeluarga akan lebih tentram dan bahagia.

Seorang istri harus taat kepada suami, termasuk untuk urusan kejujuran.  Namun, tidak sedikit istri yang diam-diam menyimpan rahasia dari pasangan hidupnya ini. Padahal rasulullah SAW memerintahkan agar istri tidak melakukan sesuatu tanpa sepengetahuan suaminya. 

Suami merupakan imam keluarga sehingga berhak tahu apa saja tindakan yang dilakukan istri. Namun ada tiga hal yang boleh disembunyikan istri dari suaminya. Pasalnya hal ini hanya akan menimbulkan pertengkaran jika diceritakan sehingga diperbolehkan merahasiakannya. Apa saja? Berikut ini ulasannya.

1. Menyembunyikan Amalan Shaleh
Seorang istri diperbolehkan untuk menyembunyikan amalan-amalan shaleh yang ia lakukan seperti shalat-shalat sunnahnya. Kecuali puasa sunnah, seorang istri tetap harus meminta izin kepada suaminya jika hendak melaksanakan puasa sunnah tersebut.

Menyembunyikan amalan shaleh ini boleh dilakukan agar kita terhindar dari sifat riya. Ada baiknya jika hendak melakukan ibadah menjauhlah dari pandangan manusia. Biarkan hanya kita dan Allah saja yang mengetahui ibadah tersebut. Selain itu, melakukan hal ini juga akan membuat hati lebih tenang dan tidak sibuk dengan mengharap penilaian dari manusia.

2. Menyembunyikan Beberapa Aib

Hal pertama yang boleh disembunyikan oleh istri dari suaminya adalah menyembunyikan beberapa aib mengenai dirinya. Hal ini boleh dilakukan sebab apabila sang istri memberitahu kepada suami akan menyebabkan suami membenci dan memarahi istrinya tersebut. Hal ini tentu saja dapat merenggangkan hubungan suami istri yang telah dibina sekian lama.

Untuk itu, seorang istri diperbolehkan untuk menyembunyikan beberapa aib yang dia lakukan dari suaminya agar hubungan rumah tangganya tersebut tetap berjalan harmonis.

3. Menyembunyikan Kemaksiatan yang Terjadi Antara Dia dengan Allah
Hal terakhir yang boleh disembunyikan oleh istri dari suaminya adalah menyembunyikan kemaksiatan-kemaksiatan yang terjadi antara dia dengan Allah. Sebab Allah SAWt telah memerintahkan umatnya agar menutupi aibnya dari orang lain jika ia bermaksiat kepada-Nya.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim di dalam Shahihnya dari Abu Hurairah RA, bahwa Nabi SAW bersabda” “Setiap umatku yang bermaksiat akan diampuni, kecuali mereka yang terang-terangan bermaksiat. Sesungguhnya yang termasuk terang-terangan ialah jika seseorang melakukan satu perbuatan (maksiat) di malam hari, kemudian tiba pada pagi harinya –sementara Allah sudah menutupi perbuatan tersebut- ia berkata, ‘Wahai Fulan semalam aku telah berbuat begini dan begini.’ Padahal malam itu Allah tetap menutupi perbuatannya, namun pagi harinya dia justru menyingkap penutupan Allah tersebut dari dirinya.”

Demikianlah ulasan mengenai tiga hal yang boleh disembunyikan oleh istri kepada suaminya. Lebih dari itu, seorang istri haruslah bisa berkata jujur kepada suaminya tanpa menutupi apapun. Hal ini bertujuan agar antara keduanya tumbuh rasa kepercayaan dan hubungan rumah tangga mereka semakin baik ke depannya.  

Sumber: http_www_infoyunik_com/2015/12/ingat-hanya-tiga-hal-ini-yang-boleh.html

Baca Juga

Hanya 3 Hal Ini yang Boleh Disembunyikan Istri dari Suami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan