Jumat, 08 Januari 2016

Waspada !!! Mulai Banyak Beredar Air Minum kemasan Palsu yang Berbahaya bagi Kesehatan.

Kita diharapkan lebih teliti dan waspada saat ini.Pasalnya dikabarkan banyaknya beredar air mineral dalam kemasan yang berbotol palsu.Botolnya memang tetap asli, tetapi isinya hanya air daur ulang biasa dengan kualitas rendah yang tentu saja sangat berbahya bagi kesehatan kita.Kasus ini banyak ditemui dijakarta, namun tida tertutup kemungkinan telah menyebar keseluruh Indonesia. Pelakunya tentu saja penjual asongan yang mencuci botol air minum bekas dan diisi dengan air mentah.

Sudah ada seorang korban dari air mentah ini yakni SA (13). Korban harus menjalani perawatan di rumah sakit karena menderita diare akut. Penyebabnya adalah air mineral kemasan palsu yang dia minum. Air mineral itu dibeli di terminal Kampung Rambutan dua hari sebelum akhirnya SA masuk rumah sakit. Orangtua SA menduga bahwa air minum kemasan botol yang diminum SA tidak higienis dan kemungkinan air mineral tersebut palsu.

 botol

Menurut penuturan dokter  dia diare gara-gara air minum yang kotor. Kemarin waktu di Kampung Rambutan saya belikan dia Aq*** botol terus diare dan muntah-muntah, kata orangtua SA, Jumat (6/3) lalu.

Pengurus Harian YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) Eliyani menyarankan agar masyarakat lebih waspada dalam membeli air minum kemasan. Hasil penelitian YLKI menunjukkan banyak beredar air minum kemasan tidak memenuhi standar air minum. Sampel dari beberapa air minum kemasan yang diuji laboratorium menunjukkan adanya kandungan zat-zat berbahaya.

botol2
 
Agak sulit memang mengidentifikasi air minum kemasan yang memenuhi standar. Sebaiknya masyarakat membeli di tempat yang aman. Di tempat terbuka air minum sangat mudah terkontaminasi. Ada pula yang palsu. Itu sangat dikhawatirkan karena berbahaya bagi konsumen, kata Eliyani.

Air mineral yang berkemasan palsu ini sangat mudah dijumpai. Biasanya mereka menjual melalui pedagang asongan dan ada pula yang dititipkan di warung-warung. Para pedagang nakal ini menggunakan botol-botol kemasan bekas kemudian diisi air dari sumbernya tidak jelas.

Seorang penampung botol-botol bekas di Tanah Abang juga mengakui kerap ada orang yang membeli botol-botol plastik bekas untuk dijadikan kemasan baru. “Kita jual botol bekas buat daur ulang. Tapi ada juga yang kadang beli buat diisi air lagi terus dijual. Nggak banyak paling beli 5 karung sekitar 20 kiloan. Satu kilo kita jual Rp 5 ribu,” kata penampung botol bekas yang tak mau disebutkan namanya.

botol3

Botol-botol bekas tersebut dibersihkan dan bisa benar-benar nampak seperti baru. Untuk sumber air mereka menggunakan air-air dari sumur, sungai, bahkan ada menggunakan air got. Air-air tersebut kemudian dimasukkan ke dalam botol plastik bekas yang mereka beli tanpa melalui proses strerilisasi. Para penjual curang ini menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya agar air bisa terlihat jernih dan bersih. Informasi dari penampung botol bekas di bilangan Ciputat menyebutkan kalau air mineral palsu bisa nampak bening dengan mencampurkan borak dan tawas.

“Air sumur saja sudah bahaya kalau enggak dimasak. Apalagi pakai air kali dan air comberan. Itu air bisa kelihatan bersih kalau dicampur borak sama tawas. Parah dah,” kata penampung botol bekas yang mengaku hanya menjual botol-botolnya untuk keperluan daur ulang.

Bahayanya air mineral palsu bukan hanya dari air di dalamnya. Tapi juga dari botol plastik bekas yang digunakan. Botol plastik air mineral hanya baik digunakan untuk sekali pakai. Apalagi botol plastik yang menggunakan bahan jenis PET atau PETE. Bahan jenis ini jika digunakan berulang kali akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol meleleh.

Jika meleleh, polimer akan mengeluarkan zat karsigonik yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker. Antimoni trioksida yang terdapat di dalam polimer akan masuk melalu saluran pernafasan dan bisa mengakibatkan iritasi kulit serta gangguan pernapasan. Bagi wanita akan mengakibatkan masalah menstruasi serta gangguan rahim dan buah hati yang dilahirkan.

Beberapa modus yang dilakukan para penjual air mineral palsu, diantaranya:
  • Menggunakan air botol plastik bekas
  • Air mineral diambil dari sumber yang tidak jelas, misalnya sumur, sungai, dll.
  • Bisa mendapatkan segel dan tutup botol baru
  • Dijual di warung, pedagang asongan, dan tempat-tempat terbuka
  • Dan masih banyak lagi.
botol4

Yang terpenting, bagaimana cara membedakan mana yang asli dan mana yang palsu?
  • Hindari air mineral yang berwarna keruh, kocok terlebih dahulu air mineral yang akan diminum. Kalau setelah dikocok menjadi keruh, maka sebaiknya airnya tidak usah diminum.
  • Bau air mineral asli dan palsu juga berbeda, air mineral asli tidak akan berbau, tapi air mineral palsu akan menimbulkan bau yang tidak biasa. Tapi repot juga ya kalau sedang pilek.
  • Kalau hidung anda sedang terganggu bisa mencoba cara lain yaitu mencoba rasanya, air mineral palsu akan berasa lebih kesat.
  • Perhatikan kemasannya, tapi ini agak sulit juga karena penjual mampu menyulap kemasan menjadi tampak baru
  • Tips di atas memang kurang menjamin sih, karena terkadang tidak semua indikasi itu kita temukan. Lantas, bagaimana dong?

    Jika memang Anda ingin membeli air minum kemasan, belilah di tempat-tempat resmi seperti supermarket atau minimarket. Kalau anda punya tingkat ketelitian yang sangat tinggi, bisa juga mencoba tips berikut:

    botol5

    Amati baik baik botol kemasan yang ada, perusahaan minuman air kemasan mereka mengisi botolnya dengan mesin otomatis sehingga ketinggian air akan sama semua, tapi air mineral palsu diisi dengan manual jadi ketinggian air tidak akan bisa sama, yang penting terlihat penuh saja.

    Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, silahkan sebarkan ke semua temanmu supaya mereka terhindar dari bahaya air mineral palsu ini. [HP – Sebarkanlah.com /Merdeka, Hello-pet]


    Sumber:http_oshare_co/waspada-mulai-banyak-beredar-air-minum-kemasan-palsu-yang-berbahaya-bagi-kesehatan/6/

Baca Juga

Waspada !!! Mulai Banyak Beredar Air Minum kemasan Palsu yang Berbahaya bagi Kesehatan.
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan