Minggu, 20 Maret 2016

Sudah Tau Belum? Khasiat Kopi untuk Mengatasi Luka? Berikut Penjelasannya!

 Siapa yang tidak tahu kopi? Serbuk gelap beraroma khas ini amat digemari di Indonesia. tetapi mengerti kah kita bahwa kopi tidak cuma identik dengan minuman yang begitu nikmat dikala diseruput selagi hangat? tidak hanya bagaikan pengusir kantuk yang membikin badan berulang merasa segar, kopi nyatanya sanggup diandalkan buat menyembuhkan luka.

Dr Hendro Sudjono Yuwono MD PhD. sudah meyakinkan manfaat kopi tersebut. pakar bedah pembuluh darah dari rumah sakit Hasan Sadikin, Bandung ini sudah berkutat melaksanakan serangkaian riset terhadap kopi semenjak dini tahun 2004.


Hasilnya? Kopi nyatanya amat efisien dan juga nyaman buat menanggulangi bermacam tipe luka! Dari cedera besut lantaran terjatuh, cedera tergores barang tajam, cedera bakar, hingga cedera “koreng” yang sudah terinfeksi.

Hebatnya lagi, seluruh umur mampu menggunakannya, tercantum anak - anak

Dalam penelitiannya, Hendro menciptakan zat antibakteri dalam serbuk kopi yang terkategori amat kuat. walaupun belum dikenal secara tentu tipe kandungannya, tetapi zat ini teruji amat efisien mengatasi bakteri Methicillin Resistant Starhylococcus Aureus (MRSA) yang kerap ditemukan pada cedera bernanah.

Hendro memakai tikus dan juga marmot yang terencana dilukai dengan trik terbakar sedikit. Tikus diatasi dengan kopi sedangkan marmot diatasi dengan obat kedokteran buat cedera bakar.

Ternyata tikus mampu sembuh dengan baik tanpa terdapat perbandingan sedikitpun dengan marmot. “Tidak mencuat peradangan ataupun dampak samping lainnya,” papar Hendro yang mengaku tidak bernazar buat mematenkan hasil temuannya ini.

Awal tahun 2005 Hendro yang menuntaskan spesialisasi bedah pembuluh darah tepi di Universitas Leiden dan juga tarbiyah S3 ilmu bedah di Universitas Amsterdam, Belanda memakai kopi buat mengobati cedera para pasiennya. terdapat bermacam tipe cedera yang ditangani, dari cedera besut/serut karna terjatuh sampai cedera bakar dan juga cedera bernanah. nyatanya penyembuhannya dapat berjalan efisien dan juga hasilnya dapat disetarakan dengan hasil penyembuhan yang sudah baku. “Sejauh ini aku tidak memandang terdapat dampak samping yang timbul dari penyembuhan cedera dengan kopi,” tukas dosen di FK Unpad ini.

CARA PAKAI

* Taburkan secara menyeluruh di atas luka. Cukup tipis saja, tidak butuh sangat tebal.
* Frekuensi dapat 3x sehari; pagi, siang, dan juga sore.
* sehabis ditaburi kopi, cedera wajib senantiasa kering dan juga sama sekali tidak boleh terserang air. apabila terserang air, cedera jadi basah selalu sampai - sampai penyembuhan tidak berjalan efektif. bila mau mandi ataupun melaksanakan kegiatan yang bersentuhan dengan air, tutuplah cedera dengan rapat.


KONTRAINDIKASI

Satu perihal terutama buat diperhatikan, apakah anak alergi terhadap kopi ataupun tidak. Alergi terhadap kopi dapat dilihat dari timbulnya corak kemerahan ataupun gatal - gatal di dekat zona luka. apabila demikian, hentikan konsumsi karna amat bisa jadi cedera malah hendak terus menjadi meluas dan juga dalam lantaran anak tentu tidak tahan buat tidak menggaruknya. tetapi bahwa anak sempat minum kopi dan juga tidak terdapat dampak samping yang muncul, serupa mual, pusing ataupun gatal - gatal, dapat dikatakan ia tidak alergi kopi.

PERIH ataupun TIDAK?

Berbeda dari obat merah yang dapat memunculkan kerasa nyeri dikala diteteskan ataupun salep yang menimbulkan kerasa dingin, kopi malah membagikan kerasa hangat.

PERLUKAH formula DOKTER?

Pemakaian kopi tidak membutuhkan formula dokter. Kopi dapat langsung ditaburkan di atas luka. cuma saja, kopinya haruslah kopi robusta yang belum dicampur apa - apa. Kopi tidak berlabel ini lazimnya dijual di pasar - pasar tradisional yang langsung digiling di tempat.

Sebetulnya tuntutan keaslian ini tidak lain karena, “Saya belum melaksanakan riset terhadap kopi lain yang bermerek,” kata Hendro. Jadi, apabila mau memakai kopi bermerek, boleh - boleh aja tetapi dia tidak menjamin apakah pengobatan lukanya efisien ataupun tidak.

BERAPA LAMA cedera dapat SEMBUH?

Bila lukanya relatif kecil akibat tergores pisau, penyembuhannya boleh jadi cuma perlu waktu singkat. sehabis diatasi bisa jadi aja lukanya lekas kering dan juga sembuh.

Namun cedera yang sama, dapat aja sembuh lebih lama apabila sehabis diatasi lukanya basah terserang air.

Waktu pengobatan cedera pula bergantung pada keadaan cedera itu sendiri. bahwa luas/lebar dan juga cukup dalam tentu perlu sebagian kali pengobatan.

Ini berarti dapat makan waktu berhari - hari. buat cedera yang sudah terinfeksi, penyembuhannya tentu perlu waktu lebih lama, dapat berminggu - minggu terlebih lagi berbulan - bulan.

Pasalnya, perlu waktu spesial buat mengatasi kuman yang sudah bercokol di cedera tadi. cedera yang sudah terinfeksi ini diisyarati bagaikan cedera yang bernanah, sudah lebih luas dari cedera awal, dan juga lazimnya diiringi terdapatnya jaringan daging yang membusuk. Yang pula makan waktu cukup lama merupakan penyembuhan cedera pada pengidap diabet melitus.

Oleh karna itu, senantiasa barengi penyembuhan medis. cedera yang dialami para diabetesi, contohnya, baru hendak efisien bahwa penyembuhan diabetesnya berjalan terus.

Baca Juga

Sudah Tau Belum? Khasiat Kopi untuk Mengatasi Luka? Berikut Penjelasannya!
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan