Jumat, 10 Juni 2016

Beginilah Siksa Neraka untuk Orang yang Tidak Berpuasa

puasa ramadhan diharuskan untuk segala umat islam yang telah baligh, berakal, sehat, tidak lagi haidh dan juga nifas. tetapi dalilnya, masih aja terdapat orang - orang yang meninggalkan puasa ramadhan. sementara itu, terdapat ancaman dahsyat untuk orang - orang yang tidak melangsungkan puasa ramadhan tanpa sebab yang dibenarkan syariat.

rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditunjukkan oleh allah lewat malaikatnya, gimana siksa neraka buat orang - orang yang tidak berpuasa.

dalam suatu hadits shahih yang diriwayatkan oleh ibnu khuzaimah dan juga ibnu hibban, rasulullah bersabda tentang satu keadaan penunggu neraka yang dilihatkan kepada dia:
فإذا أنا بقوم معلقين بعراقيبهم مشققة أشداقهم تسيل أشداقهم دما قال قلت : من هؤلاء ؟ قال : هؤلاء الذين يفطرون قبل تحلة صومهم

”aku memandang orang - orang yang bergantung di tumit - tumit mereka, tulang rahang mereka rusak dan juga meneteskan darah. saya bertanya, ‘siapa mereka? ’ ia menanggapi, ‘orang - orang yang berbuka saat sebelum halal untuk mereka buat berbuka’” (hr. ibnu khuzaimah dan juga ibnu hibban)

dalam shahih at targhib wa at tarhib dipaparkan kalau iktikad orang - orang yang berbuka saat sebelum halal untuk mereka buat berbuka merupakan berbuka saat sebelum waktunya. secara universal, artinya merupakan tidak berpuasa. karenanya bab hadits ini diberi judul “ancaman tidak berpuasa di bulan ramadhan tanpa udzur. ”

demikianlah ancaman siksa neraka buat orang yang tidak berpuasa. sebaliknya untuk umat islam yang berpuasa atas landasan iman dan juga semata mengharap pahala dari allah subhanahu wa ta’ala, ia hendak membagikan ampunan buat dosa - dosa hamba tersebut yang telah kemudian.

sebagaimana sabda rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“barangsiapa berpuasa di bulan ramadhan atas landasan iman dan juga mengharap pahala dari sisi allah, tentu diampuni dosa - dosanya yang telah lalu” (hr. angkatan laut (AL) bukhari dan juga muslim)

tidak hanya itu, untuk umat islam yang menunaikan puasa, allah sediakan kegembiraan kala nanti hamba tersebut berjumpa dengannya. allah pula sediakan satu pintu spesial di surga bernama ar rayan untuk hamba - hambanya yang pakar puasa.






(sumber: bersamadakwah.net)

Baca Juga

Beginilah Siksa Neraka untuk Orang yang Tidak Berpuasa
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan