Sabtu, 09 Juli 2016

SUBHANALLAH.. Ini Hikmah Mengapa Al Quran Diawali Surat Al Fatihah

sebetulnya manusia acapkali mau mengenali seluruh hikmah ataupun rahasia hendak sesuatu ibadah maupun perihal yang berkaitan dengan kehidupan ini. (AL) qur’an yang dimulai dengan tulisan (AL) fatihah juga tidak luput jadi suatu perenungan buat dikenal hikmahnya.

ini hikmah kenapa (AL) quran dimulai tulisan (AL) fatihah

sebetulnya urutan tulisan dalam (AL) qur’an menggambarkan perihal yang sifatnya taufiqiyah maksudnya bersumber pada wahyu dari allah dan juga bukan karna keputusan nabi muhammad maupun hasil ijtihad. perihal ini telah dipaparkan (AL) alusi dalam tafsirnya.

“mengenai urutan tulisan, terdapat perbandingan komentar apakah itu hasil ijtihad ataupun taufiqiyah. kebanyakan ulama memilah yang kedua. ”

ada juga ulama yang menegaskan kalau urutan tulisan dalam (AL) qur’an bersumber pada dalil merupakan abu ja’far an nuhas.

“sesungguhnya urutan tulisan serupa yang terdapat di mushaf saat ini ini merupakan dari rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam (dari wahyu allah). ”

oleh karenanya perilaku seseorang muslim haruslah berserah diri dan juga menerima (AL) qur’an dengan seluruh keadaannya, baik urutan tulisan ataupun perihal yang yang lain.

lalu kenapa (AL) qur’an dimulai dengan tulisan (AL) fatihah?

persoalan ini sekadar cuma mau mengenali hikmah hendak keberadaan tulisan (AL) fatihah yang jadi pengawal (AL) quran dan juga bukan mendebat tentang peletakannya. terlepas dari makna (AL) fatihah seorang diri ialah “pembukaan”.

abu ja’far (AL) gharnathi yang menggambarkan seseorang ulama andalus telah menarangkan kenapa (AL) qur’an dimulai dengan tulisan (AL) fatihah.

1. (AL) fatihah memiliki arti global dan juga rinciannya hendak disebutkan dalam surat - surat (AL) qur’an yang yang lain. inilah yang jadi hikmah utama kenapa (AL) fatihah berposisi di depan (AL) qur’an.

2. tulisan (AL) fatihah menggambarkan tulisan yang harus dihafal oleh tiap umat islam karna jadi ketentuan legal sholat. dengan berposisi di depan, hingga umat islam tidak hendak kesusahan mencarinya.

3. kalimat dalam tulisan (AL) fatihah dimulai dengan basmalah dan juga hamdalah yang jadi suatu syariat buat memulai suatu.

4. tulisan (AL) fatihah menguak tujuan watak allah dan juga pula diutusnya para rasul yang wajib ditiru umat islam.

5. (AL) fatihah berisi kekuasaan allah yang absolut di dunia ataupun di akhirat.

6. terakhir, dipaparkan tentang watak manusia mulai dari yang diberi petunjuk, yang dimurkai dan juga yang tersesat.

demikian uraian tentang hikmah kenapa (AL) qur’an dimulai tulisan (AL) fatihah. mudah - mudahan jadi peningkat kepercayaan kita seluruh hendak kalamullah yang agung tersebut. aamiin








(sumber: kabarmakkah_com)

Baca Juga

SUBHANALLAH.. Ini Hikmah Mengapa Al Quran Diawali Surat Al Fatihah
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan