Minggu, 27 Maret 2016

Inilah Cara Istri Bersedekah Untuk Suami Tercinta

 DIRIWAYATKAN dari Zainab ats - Tsaqafiyah, istri Abdullah bin Mas’ud, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Wahai kalangan perempuan bersedekahlah kalian sekaligus meski dari perhiasanmu.”

Zainab berkata, “Saya kembali menemui Abdullah bin Mas’ud (suamiku), dan juga menyatakan, “Sesungguhnya engkau pria yang sedikit penghasilannya sebaliknya Rasulullah SAW memerintahkan kami bersedekah hingga datangilah dan juga bertanyalah kepada beliau. bahwa boleh, aku bersedekah kepadamu dan juga bahwa tidak boleh aku bagikan kepada orang lain.’’

Abdullah berkata, ‘’Kamu sendirilah yang tiba kepada beliau.’’ hingga aku juga berangkat ke tempat Rasulullah SAW dan juga di situ terdapat seseorang perempuan Anshar yang berposisi di pintu dia buat mengantarkan kasus yang sama.

Keluarlah Bilal buat menemui kami. Kamipun mengatakan kepada Bilal, ’’Temuilah Rasulullah SAW dan juga kabarkanlah dia bahwa terdapat 2 orang perempuan yang berposisi di depan pintu dia yang hendak bertanya apakah boleh sedekah dikasih kepada suami dan juga kanak - kanak yatim yang diurus keduanya? dan juga jangan kalian jelaskan siapa kami ini.’’

Bilal setelah itu masuk dan juga menanyakan perihal itu kepada Rasulullah SAW, dia bertanya, ‘’Siapakah 2 perempuan itu? Bilal menjawab,’’ seseorang perempuan Anshar dan juga Zainab.’ Tanya dia pula,’’Zainab yang mana?’’ dia menjawab,’’Istri Abdullah.’’

Kemudian Rasulullah SAW bersabda, ‘’Bagi kedua perempuan itu memperoleh 2 pahala, ialah pahala (menyambung) saudara dan juga pahala sedekah.” (Muttafaqun ‘alaih).

Hadis di atas membagikan pelajaran berarti kepada kita, boleh hukumnya seseorang istri bersedekah kepada suami paling utama apabila suaminya belum bekerja ataupun mempunyai pemasukan yang sedikit.

Bahkan, seseorang istri diperbolehkan keluarkan zakat wajibnya kepada suaminya yang fakir ataupun miskin ataupun tercantum dalam kriteria orang yang berhak memperoleh zakat. Itu karna seseorang istri tidak mempunyai kewajiban menafkahi suaminya.

Bersedekah kepada suami menggambarkan penggalan berarti yang wajib dicermati oleh seseorang istri. Sedekah yang dikeluarkan oleh istri kepada suaminya tidak cuma hendak meningkatkan jalinan yang harmonis dengan Allah SWT pula jadi karena terjalinnya ikatan yang mesra dengan suami dan juga anggota keluarganya.

Ketika seseorang istri bersedekah kepada suaminya, dia memperoleh 2 pahala, serupa sabda Rasulullah SAW di atas, “Bagi kedua perempuan itu memperoleh 2 pahala, ialah pahala (menyambung) saudara dan juga pahala sedekah.” (Muttafaqun ‘alaih).

Selain itu, kala seseorang istri bersedekah kepada suaminya sebetulnya dia telah merealisasikan hikmah dan juga tujuan dari perkawinan yang membikin tali jalinan perkawinan terus menjadi kokoh dan juga kokoh.

Di antara tujuan dan juga hikmah perkawinan merupakan mengendalikan ikatan pria dengan perempuan bersumber pada asas pertukaran hak, silih membantu dan juga silih kerja sama yang subur dalam atmosfer cinta kasih dan juga perasaan silih menghormati yang lain.

Oleh karna itu, apabila seseorang istri bakal bersedekah perhatikan dahulu suaminya apakah dia layak disedekahi ataupun tidak saat sebelum bersedekah kepada orang lain. karna bersedekah kepada suami yang fakir wajib diutamakan saat sebelum bersedekah kepada yang lainnya.

Dalam praktiknya, sedekah kepada suami yang belum mempunyai pemasukan ataupun berpenghasilan rendah tidak cuma dengan materi.

Memotivasi suami supaya bergairah mencari nafkah buat keluarga menggambarkan penggalan dari sedekah pula yang layak dicermati dan juga dicoba seseorang istri. Wallahu’alam 




Sumber: http_silahkanshare-ya_blogspot_co_id/2016/03/inilah-cara-istri-bersedekah-untuk.html

Baca Juga

Inilah Cara Istri Bersedekah Untuk Suami Tercinta
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan