Senin, 11 Juli 2016

Naudzubillah... Sumur Ini Berisi Para Penghuni Neraka ((Kisah Sahih))... Silahkan Dibagikan..!!!

inilah sumur barohut yang terletak cukup dekat dengan makam nabiyulloh hud alaihis salam di hadramaut yaman (cuma sebagian km jaraknya).

serupa dikisahkan dalam kitab irsyadul ibad kalau:

seseorang laki - laki yang kaya menunaikan ibadah haji ke baitullah. sesampainya di mekah dia menitipkan uangnya sebesar 1000 dinar pada seseorang yang populer dapat dipercaya dan juga shalih hingga tuntas wuquf di arafah.

dikala dia sudah merampungkan wuquf, dia berulang pada mekah dan merasakan orang yang dititipinya sudah meninggal. dia bertanya tentang uangnya pada keluarganya. tampaknya tidak seorang pula dari anggota keluarganya yang ketahui. orang itu pula mengantarkan perkaranya pada sebagian ulama mekah.

mereka mengatakan: " bila setengah malam sudah lalu, mendekatlah ke sumur zam zam, lihatlah, dan panggil namanya. apabila dia tercantum pula penunggu surga tentu dia hendak menanggapi panggilanmu pada kali kesatu. "

jadi orang itu simaklah anjuran mereka menghadiri sumur zamzam dan memanggilnya. namun tidak terdapat jawaban.

karna itu dia berulang pada mereka, menceritakannya. mereka mengatakan, " innaa lillaahi wa innaa ilaihi raajiuun. kami takut bebrapa janganlah temanmu itu tercantum pula penunggu neraka. pergilah ke tanah yaman, di situ terdapat satu sumur yang bernama sumur barohut. tuturnya sumur itu terdapat di pinggir jahannam. lihatlah di dikala malam, dan panggilah temanmu. apabila dia tercantum pula penunggu neraka, tentu dia hendak menanggapi panggilanmu. jadi orang itu pula berangkat ke yaman dan ajukan persoalan menimpa sumur itu.

seseorang menunjukkannya dan pula mendatanginya pada malam hari. dia memandang ke dalamnya dan berseru: " hai fulan! ". nyatanya terdapat jawaban.
dia ajukan persoalan, " di mana uang emasku? ".
terdapat jawaban : " aku tanam dibagian " ini - ini " dalam rumahku. aku memanglah belum memberitahukannya pada anakku. galilah tentu kamu memperolehnya. "
dia ajukan persoalan : " apa yang menyebabkanmu terdapat di mari sementara itu bagi prasangka kami, kamu ialah seorang yang baik. "
terdapat jawaban : " aku mempunyai seorang kerabat perempuan yang fakir. aku menjauhinya dan tidak menaruh belas kasihan padanya. jadi allah menghukumku dan merendahkan kedudukanku serupa ini. "
perihal ini setimpal sama sabda nabi saw dalam hadits yang shahih, " hendak tidak masuk surga orang yang memutus jalinan r4h1m. " (diriwayatkan oleh al - bukhari (5984) , muslim (2556) , abu dawud (1696) , dan at - tirmidzi ( 1909) dari jabir bin muthim).
tujuannya memutuskan jalinan r4h1m serupa kerabat wanita, bibi, keponakan, dan yang lain dari pada kerabat
hadits tentang sumur barohut:
rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
thnx abn nhma
allah abbas, berkata: rasulullah dan juga damai lyh: khyr bunda ali vjh alarz bunda zmzm
santapan huhusay de alt lagi vshfa de alsqm, bunda berpihak ali vjh alarz bunda bvady brhvt bqyh hzrmvt krjl aljrad de alhvam ysbh ytdfq kelahiran c la bilal bangkrut.

maksudnya: dari abdullah bin abbas radhiyallahu anhuma mengatakan: rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

" sebaik baik air yang terdapat di wajah bumi ialah air zam - zam, karna air itu (serupa) santapan yang dapat mengenyangkan, dan air itu mampu menyembuhkan bermacam - macam penyakit. dan seburuk - buruknya air yang terdapat di wajah bumi ialah air yang berposisi di sumur lembah barohut, letak sumur ini di posisi hadhramaut, serupa kaki belalang (yang tunjukkan sumur itu begitu dalam) , tiap pagi air di sumur itu naik keatas, dan tiap sore di sumur itu airnya kering karna airnya turun lagi kedasar sumur ".

(shahih, hr thabrani dalam mujam al - kabir (11004, 11167) dan dalam mujam al - ausat (3912, 8129) , di shahihkan oleh ibnu hibban, tabrani, dan al - haitsami)

atsar anas bin malik radhiallhu anu:



anas ra dengan ia: kehidupan umat beriman buat jabiya, dan juga kehidupan orang - orang kafir mati wade bhoudr mengatakan kepadanya brhot

" dari anas radhiallahu anhu, " ruh kalangan beriman (ditempatkan) ke jabiyah, dan ruh kalangan kafir (ditempatkan) ke bukit hadramaut yang diartikan barhut "



ali bin abi thalib pula mengantarkan:

orang baik lembah lembah mekah, dan juga orang - orang jahat lembah lembah ahqaf, kata hadramout lembah kepadanya: brhot kehidupan orang - orang kafir

" sebaik - baik bukit manusia ialah bukit di makkah, dan seburuk - buruk bukit manusia ialah bukit al - ahqab ialah bukit di hadramaut yang diartikan dengan barhut, di dalamnya terdapat ruh kalangan kafir ".



abdullah bin umar mengantarkan:

kehidupan orang - orang kafir berkumpul berhot, rawa hadramout, dan juga kehidupan yang setia di jabiya, brhot yaman, dan juga jabiya baham

" sesungguhnya ruh kalangan kafir dikumpulkan di barhut, satu lembah di hadramaut. dan ruh mukmin di jabiyyah. telaga barhut terdapat di yaman dan jabiyah terdapat di syam "





(sumber: yoksebarkan_com)

Baca Juga

Naudzubillah... Sumur Ini Berisi Para Penghuni Neraka ((Kisah Sahih))... Silahkan Dibagikan..!!!
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan