Senin, 21 Maret 2016

ALLAHU AKBAR, SEBARKAN KABAR GEMBIRA INI,,Umat Islam di Papua Berkembang Pesat

 Berikut dalil islam di Papua yang tidak dikenal warga luas:

1. Jumlah umat Islam di Papua hingga dikala ini menggapai 40% dari keseluruhan jumlah penduduknya. Bukan cuma kebanyakan non - Muslim aja namun terdapat pula banyak masyarakat Muslim di Papua.

Banyak orang bingung apakah terdapat umat Islam di Papua? perihal itu sesungguhnya merupakan persoalan yang salah karna seolah - olah membetulkan kalau penduduk di Papua identik dengan Kristen. dikala ini aja jumlah komunitas Muslim di Papua sudah menggapai 900.000 jiwa dari keseluruhan 2,4 juta jiwa, 60% sisanya terdiri dari pemeluk agama Katolik, Kristen, Hindhu, Budha, dan juga Animisme.

2. sebagian kampung di Papua ada perkampungan Muslim yang jadi kelanjutan dari kampung Muslim masa lalu.perkampungan Muslim dapat ditemukan di Kokas, Patipi, Semenanjung Onin, Rumbati, Sorong, waigeo, Doom, Salawati, Misool, Teminabuan, Manikwari, Baboo, dan juga Teluk Arguni.

Di wilayah Manokwari seorang diri ditemui kampung Muslim yakn di Hitigima dan juga Kurima. tidak hanya itu perkampungan Muslim pula tersebar di wilayah Kaimana, Teluk Bintui, Raja Ampat, Fatagar, Mamote, dan juga lainnya. Di wilayah tersebut ada Masjid dan juga masyarakat Irian asli yang menggunakan busana Muslim. Di wilayah Fakfak seorang diri ada satu Masjid Tua ialah Masjid Patemburak yang didirikan pada tahun 1870.

3. Jejak Islam di Papua nyatanya sudah terdapat semenjak era dahulu teruji dengan terdapatnya aset dari Islam. Contohnya Masjid Tunasgain yang terletak di wilayah Fakfak Timur, dan terdapatnya Masjid Tubirseram yang terletak di wilayah Kabupaten Fakfak.

Ada lagi masjid populer ialah Patimburak di wilayah Kampung Patimburak menggambarkan masjid yang telah berumur hingga ratusan tahun. tidak hanya itu ada pula aset arkeologi berbentuk tiang kayu dengan cat. bila dilihat dari ukirannya tiang ini kayaknya merupakan soko guru dari suatu Masjid.

4. terdapat sebagian riset yang melaporkan kalau warga Muslim di Papua masuk di Irian Barat kesatu kalinya di tahun 1360 M. Satu tokoh Islam yang datang di tanah Papua merupakan Abdul Ghaffar yang berasal dari Aceh. Abdul Ghaffar kesatu kali hingga di Fatagar Lama dan juga kampung Rumbati, Fakfak.

Penetapan masuknya Islam kesatu kali di Papua bersumber pada atas tradisi lisan yang diucapkan oleh putra bungsu Rumbati XVI dan juga Raja Rumbati XVII. tidak hanya mencari rempah - rempah, ajaran islam pula dianjurkan Abdul Ghafar di tanah Papua sepanjang kurang lebih 14 tahun. sehabis itu Abdul Ghafar meninggal dan juga disemayamkan di balik Masjid Rumbati pada tahun 1374 M. Ajaran utama dari Abdul merupakan syiar Islam dengan melakukan shalat 5 waktu dengan tertib.

5. terdapat sebagian komentar dari para pakar sejarah yang saat ini masih diperdebatkan tentang masuknya Islam kesatu kali di Papua. terdapat 7 tipe kehadiran Islam di Papua ialah tipe Aceh, Arab, Jawa, Banda, Bacan, Ternate, Papua, dan Tidore dengan cerita yang berbeda.

Fakta Islam di Papua yang tidak sering dikenal warga luas hingga dikala ini masih jadi perdebatan dan juga hendaknya bagaikan umat beragama kita wajib melindungi keanekaragaman dalam berkeyakinan. 


Sumber:
http_reportislam_blogspot_co_id/2016/02/allahu-akbar-sebarkan-kabar-gembira.html

Baca Juga

ALLAHU AKBAR, SEBARKAN KABAR GEMBIRA INI,,Umat Islam di Papua Berkembang Pesat
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan