Jumat, 27 Mei 2016

Wow Gegerkan PBB,!!! Pidato Pertama Bung Karno Di Sidang Umum PBB 1960 Yang Mengutip Ayat Al-Qur'an

 presiden kesatu indonesia, soekarno sempat buat gempar perserikatan bangsa - bangsa dan buat terkesima bangsa - bangsa lain atas pidatonya di depan persidangan universal pbb xv, 30 september 1960.

dengan baju kebesaran bercorak putih, komplit dengan kopiah dan kacamata baca, bung karno tidak mempedulikan protokoler persidangan universal. lazimnya, masing - masing kepala negeri berpidato seorang diri aja. tetapi, buat kesatu kalinya, bung karno naik ke podium didampingi ajudannya, letkol (cpm) meter sabur.

dalam pidatonya serupa yang ditulis di novel totalitas bung karno karya roso daras, bung karno antara lain mengantarkan, “hari ini, dalam berkata pidato pada persidangan majelis universal perserikatan bangsa - bangsa, aku merasa tertekan oleh satu kerasa tanggung jawab yang besar. aku merasa rendah hati bicara dihadapan rapat agung dari pada negarawan - negarawan yang bijaksana dan mempunyai pengalaman dari timur dan barat, dari utara dan dari selatan, dari bangsa - bangsa tua dan dari bangsa - bangsa muda dan dari bangsa - bangsa yang baru bangkit berulang dari tidur yang lama, ” kata bung karno dikala itu.

“saya sudah memanjatkan do’a pada tuhan yang maha kuasa, biar lidah aku dapat temukan kalimat yang cocok buat mengatakan perasaan hati aku, dan aku pula sudah berdo’a biar kalimat ini hendak bergema dalam hati sanubari mereka yang mendengarnya”.

“saya merasa bahagia sekali dapat berkata selamat pada tuan kepala atas pengangkatannya dalam jabatannya yang besar dan konstruktif. aku pula merasa bahagia sekali buat mengemukakan atas nama bangsa aku katakan selamat tiba yang begitu mesra pada keenambelas anggota baru dari perserikata bangsa - bangsa. ”

“kitab suci islam mengamanatkan sesuatu perihal pada kita pada saat ini ini. qur’an mengatakan : “hai, sekaligus manusia, sesungguhnya aku sudah
peruntukan kamu sekaligus dari seorang lelaki dan seorang perempuan, sampai kamu berbangsa - bangsa dan bersuku - suku biar kamu sekaligus kenal - mengenal keduanya. sesungguhnya yang lebih mulia diantara kamu sekaligus, merupakan yang lebih taqwa kepadaku”.

pidato itu diberinya judul to build the world anew, bangun tatanan dunia yang baru. di paragraf amat akhir, bung karno buat kesatu kalinya dihadapan persidangan pbb melansir ayat - ayat suci alquran.

ayat itu, dia kutip dari tulisan al - hujarat (49) : 13, bagaikan satu diantara rencana kebangsaan yang dari pojok pandang islam. begitu bahwa islam pula mengenali rencana kebangsaan. dalam konteks bicara di komunitas dunia itu, bung karno tidak kurang ingat melansir alquran, paling utama ayat - ayat kebangsaan.

banyak pemimpin negeri yang berasaskan islam, tercantum pula saudi arabia merasa “kecolongan”. benar, karena sebelum - sebelumnya, tidak satu pula kepala negeri yang sempat melansir ayat suci alquran dalam pidatonya. hanya bung karno, presiden republik indonesia yang mengerjakannya.

karna itu, dia kemudian dinobatkan bagaikan pahlawan islam asia - afrika. penobatan itu dikerjakan pada pertemuan sebagian pemimpin negara - negara asia afrika di kairo mesir, yang kemudian melahirkan gerakan non blok, th. 1961. demikian fenomenalnya wujud bung karno, sampai dia jadi mercu suar, tidaklah aja buat bangsanya, tetapi buat bangsa - bangsa di asia dan afrika.

bertepatan dengan pidato presiden soekarno di depan persidangan universal pbb ke - 15 itu pula dikupas menimpa pancasila. dalam kesempatan itu, dengan begitu fasihnya, bung karno mengupas satu buat satu pancasila dan pengertian dan juga pemaknaannya. dia dengan pula bangga mengantarkan bahwa pancasila ialah satu pandangan hidup alternatif.

pidato bung karno sudah menawan sebagian pemimpin dunia, dan pancasila yang dirangkai dari butir - butir manikam peninggalan bangsa nusantara, sudah merasuk kedalam sanubari sebagian pemimpin dunia.




[sumber: islamsejati. com ]

Baca Juga

Wow Gegerkan PBB,!!! Pidato Pertama Bung Karno Di Sidang Umum PBB 1960 Yang Mengutip Ayat Al-Qur'an
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan