Kamis, 02 Juni 2016

Keistimewaan yang Tersimpan di Balik 4 Sudut Kabah

sebutan rukun yamani, rukun iraqi, rukun aswad dan juga rukun syami tentu tidak lagi terdengar asing untuk mereka yang sempat menunaikan ibadah haji ataupun umrah. tetapi untuk kamu yang belum berkesempatan menginjakan kaki di tanah suci bisa jadi penasaran dengan istilah - istilah tersebut.

keempat sebutan itu berkaitan erat dengan kabah di kota suci mekah. rukun secara harfiah bermakna sudut ataupun pojok. dan juga sebutan rukun yamani, rukun iraqi, rukun aswad, dan juga rukun syami tiap - tiap menggambarkan istilah buat keempat sudut kabah.

rukun yamani dan juga rukun aswad, keduanya diucap pula dengan 2 rukun yamani karna kedua rukun ini menghadap ke arah negara yaman.

rukun aswad lebih diketahui dengan hajar aswad ataupun batu gelap. rukun ini ditatap bagaikan sudut yang amat berarti dan juga lebih dimuliakan di sisi allah swt karna mempunyai nilai amat istimewa. para jemaah haji ataupun umrah lazimnya mencium dan juga mengusap hajar aswad karna menggambarkan tempat amat mustajab buat meminta ampun dan juga berdoa kepada allah swt.

tidak kalah istimewanya dengan rukun aswad, rukun yamani menggambarkan rukun yang letaknya sejajar dengan hajar aswad. di sudut ini tiap jemaah yang tawaf disunnahkan buat menyalami ataupun mengusap dengan tangan kanan ataupun cukup dengan melambaikan tangan ke arah sudut ini dengan mengucap " bismillah wallahu akbar ".

bagi riwayat dari ibnu abbas ra, nabi muhammad saw cuma menyalami hajar aswad dan juga rukun yamani aja. sedangkan ibnu umar ra mendengar rasulullah saw bersabda: " sebetulnya mengusap keduanya, ialah hajar aswad dan juga rukun yamani mampu menghapus dosa - dosa. "

dalam satu riwayat, nabi saw sempat bersabda kalau tiap dia melewati sudut ini nampak terdapat malaikat yang mengucapkan amin, bagaikan jawaban dari doa dia. rukun yamani ini pula dipercayai bagaikan salah satu tempat yang amat baik buat berdoa, dengan trik meletakkan tangan kanan kemudian memohon kepada allah swt apa yang kita mau.

setelah itu, 2 rukun yang lain merupakan rukun iraqi dan juga rukun syami. kedua rukun ini diucap pula 2 rukun syamiani karna letaknya menuju ke negara syam yang saat ini meliputi seluruh negeri di tepi laut timur laut tengah, serupa yordania, palestina, suriah, dan juga libanon.





[sumber: share-ituindah.blogspot.co.id]

Baca Juga

Keistimewaan yang Tersimpan di Balik 4 Sudut Kabah
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan